Home > Berita Liga Indonesia > FIFA Pernah Puji Andik Vermansyah Dengan Julukan Messi Dari Indonesia

FIFA Pernah Puji Andik Vermansyah Dengan Julukan Messi Dari Indonesia

Andik Vermansah merayakan ulang tahunnya yang ke-29 pada Senin, 23 November 2020. Pemain milik Bhayangkara FC ini pernah mendapatkan julukan Lionel Messi Indonesia dari FIFA. Beberapa tahun silam, FIFA pernah melontarkan pujian untuk Andik Vermansah.

Induk sepak bola dunia itu menilai Andik memiliki beberapa kelebihan sebagai seorang pesepakbola yaitu kecepatan, akselerasi, dan dribbling. Walau begitu, julukan itu tidak membuat Andik sombong tapi malah bingung. Andik merasa dirinya belum bisa disejajarkan dengan bintang Barcelona, Lionel Messi.

“Sejujurnya (julukan) itu memberikan saya banyak tekanan. Saya bukan Messi, Messi adalah pemain hebat. Saya masih perlu bekerja lebih keras dan melakukan yang terbaik untuk menjadi pesepakbola yang lebih baik,” kata Andik Vermansah pada 2013 silam menukil dari laman resmi FIFA.

Pujian dari David Beckham dan Patrick Kluivert

Bakat Andik Vermansah juga mendapatkan sanjungan dari mantan kapten Timnas Inggris, David Beckham. Saat itu, Beckham bersama LA Galaxy menyambangi Tanah Air untuk menjalani pertandingan persahabatan menghadapi Indonesia All-Stars pada 2011 silam.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Andik yang ikut ambil bagian memperkuat Indonesia All-Stars sempat membuat ‘jengkel’ Beckham sehingga melakukan tackling yang sangat keras berkat aksinya yang merepotkan pemain LA Galaxy.

Dalam pertandingan itu, LA Galaxy berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 1-0. Walaupun demikian, Beckham mau bertukar jersey dengan Andik Vermansah di akhir pertandingan. Pertemuannya dengan David Beckham membuat kepercayaan diri Andik semakin meningkat. Pemain kelahiran Surabaya ini pun mengaku bersyukur bisa menghadapi legenda Manchester United itu.

“Alhamdulillah, setelah pertemuan ini saya menjadi lebih dikenal dan tentu saja perkataan Beckham sangat meningkatkan kepercayaan diri saya,” kata Andik.

Selain David Beckham, Andik Vermansah juga mendapatkan pujian dari mantan asisten pelatih Timnas Belanda, Patrick Kluivert. Pada tahun 2013, Belanda melakukan pertandingan uji coba melawan Timnas . . . Gabung . . . Indonesia di GBK. Andik yang masuk pada babak kedua menggantikan Greg Nwokolo mampu memberi ancaman melalui kecepatannya.

Penetrasinya di sisi kiri pertahanan Timnas Belanda berujung pada pujian Patrick Kluivert. Pria yang sekarang menjabat sebagai direktur sepakbola usia muda Barcelona ini menilai Indonesia beruntung mempunyai Andik Vermansah.

Tapi sayang, Indonesia yang diperkuat Andik tetap gagal mencetak gol sehingga skuat Merah Putih harus menyerah dengan skor 0-3 dari Belanda.

Karier Andik Vermansah

Andik Vermansah mengawali karier senior bersama Persebaya Surabaya pada 2008 sampai 2013. Selanjutnya, Andik mencoba peruntungan dengan menerima pinangan Selangor FC, yang berkompetisi di Liga Super Malaysia. Membela Selangor dari tahun 2014 sampai 2017, Andik Vermansah merasakan gelar juara Malaysia Cup pada 2015.

Setelah kontraknya bersama Selangor FC berakhir, Andik Vermansah memutuskan bergabung dengan Kedah FA pada tahun 2018. Tapi Andik hanya bertahan semusim di klub yang bermarkas di Darul Aman Stadium itu. Andik Vermansah memutuskan kembali berkarier di Indonesia untuk memperkuat Madura United di Liga 1 2019.

Andik mencatakan 32 penampilan dengan catatan empat gol dan 5 asis untuk Laskar Sapeh Kerab. Semusim membela Madura United, Andik Vermansah lalu bergabung dengan Bhayangkara FC untuk Liga 1 2020. Sejauh ini, Andik sudah bermain sebanyak dua pertandingan sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi virus Corona yang belum mereda di Indonesia.

Selain berkarier di Indonesia dan Malaysia, Andik Vermansah juga pernah trial bersama klub Major League Soccer, D.C. United dan Ventforet Kofu dari Liga Jepang.

x

Check Also

Gibran Sindir Pemain AHHA PS Pati FC Jago Kungfu, Begini Respon Kocak Atta Halilintar

Jakarta – Chairman AHHA PS Pati FC, Atta Halilintar, memberikan respon kocak atas sindiran yang ...