Home > Berita Bola > Diego Maradona, Legenda Besar Yang Tak Pernah Menangkan Ballon d’Or

Diego Maradona, Legenda Besar Yang Tak Pernah Menangkan Ballon d’Or

Diego Maradona telah wafat pada hari Rabu (25/11/2020) karena mengalami serangan jantung. Sosok yang berjulukan El Pibe de Oro alias Si Anak Emas itu telah meninggalkan sederet prestasi membanggakan pada level klub maupun internasional.

Meski menyandang status ikon sepak bola dunia, dia tidak pernah memiliki gelar Ballon d’Or. Padahal Maradona menjadi aktor utama di balik dari keberhasilan timnas Argentina saat ketika menjuarai Piala Dunia 1986.

Dia juga membawa Napoli meraih dua gelar Liga Italia, satu Coppa Italia, dan satu Liga Europa selama rentang waktu 1984-1991.

Lalu mengapa trofi Bola Emas tak pernah menghiasi lemari piala Maradona?

Penggagas dari Ballon d’Or, France Football, sempat untuk menerapkan peraturan yang menghalangi pemain dari luar Eropa untuk bisa jadi pemenang.

Kebijakan tersebut berlangsung dari penyelenggaraan edisi pertama pada 1956 hingga 38 tahun ke depan.

Peraturan ini akhirnya berubah sejak tahun 1995. Semua pemain yang mentas di Eropa punya peluang untuk bisa memenangi gelar Pemain Terbaik Dunia.

Gabung . . . class="wp-image-231813 aligncenter" src="https://www.satupedia.com/wp-content/uploads/2020/11/Lionel-Messi-5-300x199.jpg" alt="" width="691" height="458" srcset="https://www.satupedia.com/wp-content/uploads/2020/11/Lionel-Messi-5-300x199.jpg 300w, https://www.satupedia.com/wp-content/uploads/2020/11/Lionel-Messi-5.jpg 700w" sizes="(max-width: 691px) 100vw, 691px" />

Bintang timnas Liberia, George Weah, menjadi pemain non-Eropa pertama yang memenangi Ballon d’Or setelah penerapan aturan baru. Adapun pemain Argentina pertama yang menyabet trofi Bola Emas adalah Lionel Messi.

“Saya seharusnya bisa memiliki Ballon d’Or lebih banyak dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi,” kata Maradona.

Messi menyandang rekor sebagai pemilik Ballon d’Or terbanyak dengan jumlah enam buah. Sementara itu, Ronaldo membuntuti di tangga kedua berkat koleksi lima piala.

x

Check Also

Neymar Lempar Pernyataan Ingin Pensiun, Pemain Timnas Brasil Beri Semangat

Jakarta – Neymar menyinggung keinginannya untuk pensiun dini dari Timnas Brasil setelah ajang Piala Dunia ...