Home > Timnas Indonesia > Dibanding Pemain Eropa, Pesepakbola Indonesia Dinilai Sudah Tertinggal 7 Tahun

Dibanding Pemain Eropa, Pesepakbola Indonesia Dinilai Sudah Tertinggal 7 Tahun

prediksi jitu

Perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso menilai level tahapan pendidikan pesepak bola Indonesia tertinggal jauh dari pemain asal Eropa. Mirwan Suwarso merupakan salah satu penggagas adanya Garuda Select.

Garuda Select sendiri adalah program pembinaan pesepak bola muda asal Indonesia yang tercipta atas kerja sama PSSI dan Mola TV. Tidak terasa sekarang program itu sudah sampai pada angkatan ketiga. Direncanakan untuk Garuda Select jilid III akan berangkat ke Eropa pada akhir tahun ini.

Dari pengalamannya mengirimkan pemain ke Eropa, Mirwan menyadari bahwa pesepak bola Indonesia mengalami ketertinggalan pada level pembelajaran. Dalam hal ini Mirwan menyebut pesepak bola muda Indonesia tertinggal tujuh tahun dari pemain Eropa.

Bukannya tanpa alasan, apa yang dikatakan Mirwan didasari setelah melihat langsung akademi tim-tim di Eropa. Di sini Mirwan memberikan contoh yang terjadi di akademi Inter Milan dan Chelsea. Pemain disana sudah mulai melatih pemain sejak usia sembilan tahun.

“Level pemain kita sangat tertinggal dengan pemain Eropa,” kata Mirwan.

“Kalau kita kemarin melihat akademi Inter Milan dan Chelsea, mereka sudah melatih pemain sejak usia sembilan tahun,” katanya.

Lebih lanjut, Mirwan menyebut ketertinggalan pemain Indonesia terjadi dari berbagai aspek. Aspek yang dimaksud yaitu mulai dari pemahaman taktik, kerja sama tim dan hingga pembentukan karakter. Dari semua ini, Mirwan berharap para pemain dapat bekerja lebih keras agar bisa mengejar ketertinggalannya.

“Saat kita membawa Garuda Select ke Eropa, para pemain harus mengejar enam sampai tujuh tahun ketertinggalan tahapan pendidikan sepak bola seperti pemahaman taktik, kerja sama tim, hingga pembentukan karakter,” kata Mirwan.

“Semua tahapan itu seharusnya diserap pemain saat masih muda,

“Jadi kita ini sudah jauh tertinggal,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dua Negara Bersedia Bukakan Pintu Untuk TC Timnas U-19 Indonesia

PSSI terus menjalin komunikasi yang baik dengan federasi maupun Pemerintah dari Korea Selatan juga Spanyol. “Sudah ada dua ...