Home > Timnas Indonesia > Demi Bela Timnas Belanda, Ada Pemain Keturunan Yang Tolak Timnas U-19 Indonesia ?

Demi Bela Timnas Belanda, Ada Pemain Keturunan Yang Tolak Timnas U-19 Indonesia ?

Sesuai dengan pernyataan Shin Tae-yong, timnas U-19 Indonesia masih akan mencari pemain-pemain keturunan Indonesia untuk memperkuat tim. Sejauh ini, timnas U-19 Indonesia memiliki 4 pemain keturunan. Mereka adalah Elkan Baggott, Jack Brown, Luah Mahessa dan Kelana Mahessa. Keempat pemain keturunan Indonesia itu sudah bermain di timnas U-19 Indonesia dalam pertandingan ujicoba di Kroasia.

Sekarang TC Kroasia sudah usai, dan Shin Tae-yong masih menginginkan penambahan pemain keturunan Indonesia. Sebelumnya, Shin Tae-yong mengaku masih akan mencari setidaknya 7 pemain keturunan.

“Untuk syarat mencari pemain naturalisasi, pertama harus ada darah Indonesia,” kata Shin Tae-yong pada 30 Oktober 2020.

“Dan tadi juga ditanyakan posisi mana yang masih dicari, sebenarnya tidak bisa disebut posisi apa, tapi jujur dari saya masih cari (pemain naturalisasi) semua posisi.”

“Jadi walaupun kami cari pemain naturalisasi itu, dia pun belum tentu mau.”

“Jadi saya mohon maaf karena tidak bisa lebih detail menjelaskan tentang pemain naturalisasi,” jelasnya.

Tanda-tanda penambahan pemain keturunan Indonesia diakui oleh PSSI. Tapi, perjalanan PSSI untuk mencari pemain keturunan demi kebutuhan timnas U-19 Indonesia tidak berjalan mulus. Menurut Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, ada pemain keturunan Indonesia yang telah dipanggil tapi menolaknya. Pemain itu menolak panggilan timnas U-19 Indonesia karena memilih bergabung ke timnas U-23 Belanda.

“Kemarin ada satu pemain enggak mau sama sekali saat kami dekati karena ia mau . . . Gabung . . . diambil ke timnas U-23 Belanda,” kata Yunus Nusi kepada awak media.

Yunus Nusi tidak menyebut nama pemain yang dimaksud. Banyak berita mengatakan kalau pemain yang dimaksud adalah Jayden Oosterwolde. Pemain berusia 19 tahun itu kabarnya merupakan blasteran Indonesia-Belanda. Oosterwolde menjadi buah bibir setelah mencetak gol perdananya saat membawa menang timnya, FC Twente dengan skor 3-0 atas Willem II pada pertandingan pekan kelima Eredivisie, 18 Oktober 2020.

Sementara itu, dalam pernyataan terpisah, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan kalau pemain yang dibutuhkan Shin Tae-yong saat ini adalah gelandang.

“Shin Tae-yong akan mencari pemain di posisi gelandang,” kata Mochamad Iriawan kepada awak media.

“Kami sampaikan kalau ada kompetisi, barangkali ada pemain baru di klub yang bisa dipantau Shin Tae-yong,” kata sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Bisa jadi bisa Shin Tae-yong juga masih akan mencari pemain keturunan Indonesia untuk sektor lini tengah atau berposisi sebagai gelandang.

x

Check Also

Shin Tae-yong Nilai Postur Tubuh Pemain Taiwan Berbahaya Bagi Timnas Indonesia

Jakarta – Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Taiwan pada laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala ...