Home > Berita Bola > Bola Internasional > Catatan Buruk Southgate Usai Inggris Ditundukkan Belgia

Catatan Buruk Southgate Usai Inggris Ditundukkan Belgia

Timnas Inggris berhadapan dengan tuan rumah Belgia dalam pertandingan kelima Liga A Grup 2 UEFA Nations League 2020-2021, Minggu (15/11/2020) atau Senin dini hari WIB. Berduel di Stadion King Power Den Dreef, The Three Lions harus mengakui ketangguhan The Red Devils dengan skor akhir 0-2.

Gol pertama Belgia dilesakkan oleh Youri Tielemans ketika laga baru berjalan selama sepuluh menit. Menerima umpan Romelu Lukaku, Tielemans melepaskan sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti yang tidak mampu dijangkau kiper Jordan Pickford. Berselang 14 menit, Belgia bisa menggandakan skor berkat sepakan indah Dries Mertens melalui skema tendangan bebas.

Pemain Napoli itu meluncurkan tembakan kaki kanan yang bisa menggetarkan jala gawang Pickford. Hasil ini membuat Inggris terpaku di peringkat ketiga klasemen grup dengan meraup 7 poin dari 5 pertandingan. Adapun Belgia masih memimpin klasemen dengan mengoleksi 12 angka hasil 4 kemenangan dan 1 kekalahan.

Harry Kane dkk dipastikan sudah tidak memiliki peluang lagi untuk lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020-2021. Tapi, Inggris masih aman dari degradasi setelah Islandia kembali gagal meraih poin dalam lima pertandingan mereka hingga saat ini. Kekalahan Inggris dari Belgia ini pun turut menorehkan catatan minor bagi Gareth Southgate.

Dilansir dari Opta Joe, Gareth Southgate sekarang tercatat sudah menelan kekalahan ke-10 dalam 48 pertandingan bersama Inggris. Catatan itu membuatnya menjadi pelatih pertama yang kalah 10 pertandingan dengan The Three Lions . . . Gabung . . . sejak Sven-Goran Eriksson, yang kalah 10 dari 67 pertandingan. Eriksson sendiri menukangi Inggris pada 2001-2006.

Walau menelan hasil pahit, Southgate merasa cukup senang dengan performa bagus anak asuhnya di pertandingan melawan Belgia. Bahkan, Southgate bersikeras kalau Inggris akan mampu memenangkan pertandingan kalau pemainnya terus menunjukkan level kinerja seperti itu.

Inggris sebenarnya memang tampil lebih mendominasi daripada tuan rumah Belgia. Skuad asuhan Southgate tercatat memimpin dalam penguasaan bola dengan 56 persen. Dari segi peluang, Inggris memiliki 8 yang 2 di antaranya mengarah tepat sasaran. Adapun timnas Belgia mempunyai 7 kesempatan dengan 3 menuju ke gawang.

“Kami tidak suka kalah, tapi saya memiliki kredit yang sangat besar untuk tim,” kata Southgate kepada Sky Sports.

“Sepanjang jalannya pertandingan, mereka menciptakan peluang dan bertahan dengan tangguh.”

“Saya pikir kami luar biasa. Saya tidak bisa memiliki cukup pujian untuk para pemain.”

“Kalau bermain di level yang kami lakukan malam ini, saya pikir kami akan memenangkan lebih banyak pertandingan daripada kalah,” kata Southgate menegaskan.

x

Check Also

Prediksi Belanda vs Montenegro, 5 September 2021, Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grip G, Minggu (5/9/2021) ...