Home > Berita Bola > Bola Internasional > Catatan Buruk Ronaldo Usai Portugal Ditundukkan Prancis

Catatan Buruk Ronaldo Usai Portugal Ditundukkan Prancis

Timnas Portugal harus menelan rasa malu usai merasakan kekalahan dari jawara Piala Dunia 2018, Prancis. Kekalahan ini pun memperpanjang rekor memalukan untuk sang megabintang, Cristiano Ronaldo. Pertandingan big match tersaji dalam pertandingan League A Grup 3 UEFA Nations League antara Portugal vs Prancis di Estadio da Luz, kandang Benfica.

Pertandingan ini berlangsung pada Minggu (15/11/20) dini hari WIB. Pada pertandingan kali ini, kedua tim menurunkan skuat terbaiknya untuk mencuri tiga poin penting. Portugal menggunakan formasi 4-2-1-3, dengan Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, dan Joao Felix sebagai juru gedor utamanya. Bruno Fernandes dipercaya sebagai pemain kreatif yang akan memanjakan ketiganya di lini depan.

Sementara Prancis menggunakan formasi andalan mereka, 4-3-3. Trio Kingsley Coman, Anthony Martial, dan Antoine Griezmann dipercaya sebagai ujung tombaknya. Ketiganya akan disokong oleh Adrien Rabiot, N’Golo Kante, dan Paul Pogba dari lini tengah. Jalannya pertandingan pun berlangsung cepat bahkan sejak menit awal dibunyikan.

Peluang matang pertama didapatkan tuan rumah Portugal melalui tendangan keras Cristiano Ronaldo yang bisa ditepis oleh Hugo Lloris pada menit ke-5. Prancis pun juga memberi tekanan dan mendapat peluang pada menit ke-10 lewat Kingsley Coman. Sayang tendangan kerasnya bisa ditepis dengan mudah oleh Rui Patricio.

Peluang emas Prancis pun berlanjut di menit ke-12 lewat Anthony Martial yang gagal menaklukan Patricio kendati tinggal berhadapan satu lawan satu. Memasuki menit ke-20, Prancis kembali hampir mencetak gol. Tapi tandukan Adrien Rabiot menyambut sepak pojok sedikit melenceng dari gawang Portugal.

Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh kedua tim di sisa babak pertama pertandingan. Tapi sampai wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, tidak ada satupun gol yang tercipta. Memasuki babak kedua, Portugal langsung memberi tekanan. Peluang emas didapatkan di menit ke-49 lewat Bernardo Silva. Beruntung Lloris sigap menyelamatkan gawangnya dari peluang itu.

Usaha Portugal mencetak gol pun harus berbuah petaka. Pada menit ke-54, Prancis berhasil mencetak gol lewat N’Golo Kante memanfaatkan bola muntah di depan gawang hasil sepakan Rabiot. Skor 1-0 untuk tim Ayam Jantan. Pada menit ke-60, Portugal berpeluang menyamakan kedudukan. Sayang tandukan Jose Fonte hanya membentur tiang gawang Prancis.

Di menit ke-65, Martial . . . Gabung . . . seakan terus membuang-buang peluang yang diberikan rekannya. Umpan silang Lucas Hernandez gagal ia maksimalkan saat tinggal menceploskan bola di depan gawang. Portugal semakin terkurung dengan serangan balik cepat Prancis. Bahkan beberapa kali lini sayap tim tamu bisa menciptakan peluang matang yang kadang menghasilkan sepak pojok atau ancaman sampai menit ke-75.

Pada menit ke-77, Portugal mendapat peluang emas lewat Ronaldo. Tapi ia terlambat menyambut umpan silang untuk menjadi gol karena bola ditanduk keluar oleh Presnel Kimpembe. Tapi sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim. Alhasil, Prancis berhasil mengantongi tiga poin dan mempecundangi Portugal di kandangnya sendiri.

Cristiano Ronaldo Perpanjang Rekor Buruk

Kekalahan ini pun seakan memperpanjang rekor memalukan megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Pasalnyua, mantan bintang Real Madrid ini selalu gagal saat berhadapan dengan Prancis. Pertandingan pada subuh dini hari tadi adalah pertandingan keenam untuk seorang Cristiano Ronaldo melawan Timnas Prancis. Uniknya, keenam pertandingan itu tidak ada satupun gol yang dicetak oleh bintang Juventus itu.

Termasuk saat Portugal meraih gelar juara EURO 2016 silam dengan mengalahkan Prancis. Saat itu di partai final, Ronaldo absen di pertengahan pertandingan karena mengalami cedera. Satu-satunya gol yang dicetak dalam pertandingan itu terlahir lewat kaki Eder di menit ke-109.

Tentunya ini menjadi sebuah rekor memalukan untuk Cristiano Ronaldo, sosok megabintang sepak bola dunia saat ini. Hal ini menjadi satu-satunya pertemuan terpanjang di mana Ronaldo gagal mencetak satu gol pun ke gawang sebuah Timnas. Di sisi lain, skuat Fernando Santos nantinya akan kembali bertanding di ajang League A Grup 3 UEFA Nations League dengan bertandang ke Kroasia. Keduanya akan bertemu pada Selasa, 17 November 2020 mendatang.

x

Check Also

Prediksi Belanda vs Montenegro, 5 September 2021, Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grip G, Minggu (5/9/2021) ...