Home > Berita Liga Indonesia > Bek Persija Ingin Hijrah Ke Brazil Sebagai Pelatih

Bek Persija Ingin Hijrah Ke Brazil Sebagai Pelatih

Beberapa pemain Persija Jakarta mulai mempersiapkan masa depannya kalau gantung sepatu suatu saat nanti. Salah satu caranya adalah mengambil lisensi kepelatihan.

Dua pemain senior, Ismed Sofyan dan Maman Abdurahman menjadi yang pertama mengantungi lisensi kepelatihan. Keduanya sudah memiliki lisensi B AFC pada tahun lalu.
Selanjutnya, pada tahun ini giliran Otavio Dutra dan Tony Sucipto yang mengambil lisensi kepelatihan C AFC yang diselenggarakan PSSI pada awal November.
Dutra bahkan langsung mempraktekan dengan menjadi pelatih dadakan di program Persija Soccer School.

Menurut Dutra, lisensi kepelatihan adalah salah satu bekal kalau sudah pensiun nanti. Rencananya, pemain naturalisasi itu akan meningkatkan lisensinya dan berpeluang belajar lebih banyak di tempat kelahirannya, Brasil.

“Saya tetap fokus bermain tapi saya juga harus mempersiapkan segala hal. Setelah ini kalau ada kesempatan saya akan mengambil lisensi B. Mungkin juga bisa saya belajar . . . Gabung . . . kepelatihan di Brasil,” kata Dutra dalam rilis klub.

Langkah yang diambil para pemain senior Persija ini akan berdampak positif bagi individu dan Macan Kemayoran. Pasalnya, dengan pengalaman dan ilmu yang mereka miliki, dapat ditularkan ke pemain muda Persija.

Vakumnya kompetisi Liga 1 2020 memberikan kesempatan bagi Tony Sucipto dan Otavio Dutra untuk belajar soal dunia kepelatihan. Diharapkan mereka bisa menularkan ilmu itu ke pemain muda.

 

x

Check Also

Gibran Sindir Pemain AHHA PS Pati FC Jago Kungfu, Begini Respon Kocak Atta Halilintar

Jakarta – Chairman AHHA PS Pati FC, Atta Halilintar, memberikan respon kocak atas sindiran yang ...