Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Bek Bali United Yakin Timnas U-19 Indonesia Bisa Tampil Baik di Piala Dunia U-20

Bek Bali United Yakin Timnas U-19 Indonesia Bisa Tampil Baik di Piala Dunia U-20

Denpasar – Bek Bali United, Leonard Tupamahi, merasa optimis Timnas U-19 Indonesia akan berbicara banyak pada ajang Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Seperti diketahui, serangkaian pemusatan latihan (TC) yang dilakukan para pemain Timnas U-19 Indonesia ini merupakan persiapan untuk tampil di ajang Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Bahkan, setelah menjalani TC di Stadion Madya Senayan, Jakarta, para pemain Timnas U-19 Indonesia rencananya akan kembali menjalani TC di luar negeri.

Masa persiapan yang dijalani Garuda Muda ini membuat optimis para seniornya, termasuk Leonard Tupamahu.

Menurut Leonard Tupamahu, pelatih Shin Tae-yong berhasil menanamkan karakter petarung kepada setiap pemain Timnas U-19 Indonesia.

“Mereka kayaknya punya karakter yang ditanamkan yaitu jiwa petarung, tidak pantang menyerah, ya mungkin kayak jiwa-jiwa orang Korea Selatan gitu, mungkin seperti wajib militer,” kata Leonard Tupamahu.

Mantan pemain Persija Jakarta ini juga optimis Garuda Muda akan tampil bagus di Piala Dunia U-20 yang bakal digelar pada Mei hingga Juni 2021 nanti.

Hal ini dapat dilihat dari hasil uji coba Timnas U-19 Indonesia saat menjalani TC di Kroasia beberapa waktu lalu. Dari 11 laga uji coba yang dilakukan, Garuda Muda menang 5 kali, seri 3 kali, dan kalah 3 kali.

“Ya kalau . . . Gabung . . . dilihat dari lawan-lawannya di uji coba sebelumnya saya jujur optimis,” ujar mantan pemain Persija Jakarta ini.

Leonard Tupamahu juga menambahkan, dengan menanamkan karakter pantang menyerah ini akan sangat dibutuhkan dalam menghadapi tim-tim dari Eropa yang memiliki kelebihan dalam hal postur tubuh.

“Saya pikir mental-mental kayak gini, kayaknya Indonesia dan timnas butuh untuk bertarung nanti di Piala Dunia U-20. Soalnya secara postur saat melawan dari Eropa, kita kalah tinggi dengan mereka. Dari situ bisa saja kita sudah merasa kalah gitu biasanya,” ujar Leonard Tupamahu.

“Tapi kalau ditanamin mental pantang menyerah, ya mungkin kayak orang-orang Asia walaupun kecil. Contoh kemarin Korea Selatan bisa ngalahin Jerman di Piala Dunia. Kita berdoa saja, Indonesia bisa ngalahin siapa saja entah itu Jerman atau Brazil atau siapa saja gitu, kan bisa jadi prestasi tersendiri,” tandasnya.

x

Check Also

Proses Winger Timnas U-19 Indonesia Gabung Klub Spanyol Tinggal Menunggu Waktu

Jakarta – Winger Timnas Indonesia U-19, Khairul Imam Zakiri, diketahui saat ini tengah menjalani trial ...