Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona Terancam Kehilangan Sponsor Jika Messi Hengkang

Barcelona Terancam Kehilangan Sponsor Jika Messi Hengkang

Barcelona saat ini memang tengah mengalami krisis dalam hal keuangan selama pandemi virus corona. Keadaan ini disinyalir semakin memburuk bila masa depan Lionel Messi semakin tidak menentu.

Sebagai salah satu klub elit dari Liga Spanyol, Barcelona juga memiliki sejumlah sponsor yang setia dan  selalu mendukung setiap gerak serta langkah klub tersebbut.

Salah satu sponsor utama Barca saat ini adalah perusahaan e-commerce asal Jepang, Rakuten. Nilai kesepakatannya diketahui tidak kurang dari 220 juta Euro selama 4 tahun, dan dimulai sejak Juli 2017 hingga Juni 2021

Rakuten dikabarkan berminat untuk memperpanjang setahun lagi kontrak kerja sama itu. Namun , angka yang ditawarkan mengalami penurunan, yakni 30 juta euro, dari yang awalnya 55 juta euro per tahun.

Sekilas, penurunan nilai itu tentu dikarenakan pandemi virus corona dan telah memberi efek kejut di segala lini. Namun pakar dari pemasaran olahraga Cinto Ajram menyatakan bahwa hal ini lebih disebabkan dengan ketidakpastian seputar masa depan Lionel Messi saat ini.

“Adalah kenyataan bahwa virus corona secara besar-besaran mengurangi jumlah uang yang diterima dari sponsor karena visibilitas merek sangat terkena dampaknya,” kata Ajram kepada EFE dilansir dari Marca “Tapi kesepakatan saat ini yang hanya mencapai 30 juta euro merupakan reaksi Rakuten terhadap ketidakpastian masa depan Lionel Messi.

Saya bahkan sedang bertanya-tanya, apakah kesepatan itu saat ini masih bernilai 30 juta euro,” lanjutnya. . . . Gabung . . . Tak bisa memungkiri bahwa saat ini Barcelona menghadapi masalah pelik terkait dengan masa depan Lionel Messi sejak bursa transfer musim panas lalu.

Striker asal Argentina itu sempat ingin hengkang meski akhirnya memilih untuk bertahan, namun spekulasi itu kembali mencuat akhir-akhir ini.

Di sisi lain, Rakuten memiliki ‘hubungan batin’ dengan Messi sejak tiga tahun yang lalu. Perusahaan ini menjadi sponsor utama saat Messi masih menjalin kerja sama yang apik dengan Neymar serta Luis Suarez.

Namun kedua rekan duet Messi ini sudah pindah ke klub lain, Neymar ke PSG pada 2017 sedangkan Suarez ke Atletico Madrid musim panas yang lalu.

Rakuten pun punya alasan mereka menurunkan nilai karena merasa Messi sudah mulai tidak setajam beberapa musim sebelumnya.

Apabila Barcelona menolak tawaran yang diajukan oleh Rakuten bukan tidak mungkin kerja sama antar keduanya terpaksa harus berakhir, dan nasib dari Barcelona semakin diujung tanduk dikarenakan krisis keuangan kian parah.

x

Check Also

Real Madrid Gagal Bertarung Dengan Athletic Bilbao Karena Keputusan FIFA

Madrid – pada akhir pekan seharusnya Real Madrid seharusnya dijadwalkan berjumpa dengan Athletic Bilbao di ...