Home > Berita Bola > Bola Internasional > Adu Taktik Frank de Boer dan Luis Enrique di Laga Belanda vs Spanyol

Adu Taktik Frank de Boer dan Luis Enrique di Laga Belanda vs Spanyol

Timnas Belanda dan timnas Spanyol menjalani partai uji coba di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Rabu (11/11/2020) atau Kamis dini hari WIB. Aroma Barcelona kental mewarnai bentrokan ulangan final Piala Dunia 2010 ini karena kehadiran pelatih masing-masing tim.
Arsitek Oranje, Frank de Boer, bakal bersua Luis Enrique, pelatih La Furia Roja, rekannya di Barcelona pada 1999-2003.

Usia mereka juga sepantaran, 50 tahun, dengan Enrique cuma lebih tua seminggu dari De Boer. Dikutip dari AP, mereka tampil bareng dalam lebih dari 120 pertandingan semasa membela Barca. Relasi terkait Barcelona dan Spanyol yang mewarnai pertemuan De Boer dan Enrique kali ini bukan sebatas kenangan sebagai mantan rekan seklub. De Boer sempat masuk daftar kandidat pelatih Barcelona untuk menggantikan posisi almarhum Tito Vilanova pada 2013.

Adapun Enrique baru menukangi tim utama Barcelona pada 2014 dan membawa Lionel Messi cs ke era kejayaan pasca-rezim Pep Guardiola. Di lain pihak, kinerja De Boer sejak banting setir menjadi pelatih kalah cemerlang dibandingkan Enrique. Dia mengalami pemecatan dini oleh Inter Milan dan Crystal Palace, di luar keberhasilan bersama mantan . . . Gabung . . . klubnya yang lain, Ajax Amsterdam.

Pertandingan Belanda vs Spanyol ini bukan kesempatan pertama De Boer dan Enrique adu cerdas sebagai pelatih. Mereka pernah bertemu di fase grup Liga Champions 2014-2015, di mana dua pertemuan antara Barcelona dan Ajax dimenangi Enrique atas De Boer dengan skor 3-1 dan 2-0.

Enam tahun berselang, keduanya kembali berjumpa dalam pertandingan yang levelnya tidak setinggi bentrokan sebelumnya. Walau begitu, respek tetap dilontarkan kedua pihak.

“Spanyol asuhan Enrique seperti Barcelona. Mereka tim dengan skill teknik dan kecepatan tinggi. Selalu menyenangkan bermain menghadapi mereka,” kata De Boer kepada AS.

“Kami menghabiskan banyak waktu di Barca dan pergi berlibur bersama ke Ibiza. Kami adalah teman,” kata Enrique.

x

Check Also

Prediksi Belanda vs Montenegro, 5 September 2021, Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grip G, Minggu (5/9/2021) ...