Home > Berita Bola > 5 Pemain Veteran Yang Kemungkinan Menutup Karirnya Musim Ini

5 Pemain Veteran Yang Kemungkinan Menutup Karirnya Musim Ini

Dengan usia yang sudah tak lagi muda, lima bintang top di sepak bola Eropa ini pun berpotensi akan penisun pada akhir musim 2020-2021 ini.

Pensiun bagi seorang atlet sepak bola, tentu saja menjadi momen yang penting serta emosional. Setelah berkarier selama bertahun-tahun, mereka tiba-tiba harus mengucapkan kata selamat tinggal.

Setelah pensiun, kebanyakan dari mereka akan kembali ke dunia sepak bola untuk menjadi pelatih atau berkarier di manajemen sebuah klub.

Namun adrenalin ketika bertarung di lapangan rumput tentu tak akan pernah tergantikan oleh apapun.

Rata-rata usia dari aktor lapangan hijau untuk pensiun adalah 35 tahun ke atas. Saat ini, ada sejumlah pemain top sepak bola yang sudah memasuki penghujung karier mereka.

Kemungkinan, mereka juga akan mengambil keputusan untuk pensiun pada tahun depan selepas dari musim 2020/21 berakhir. Berikut ini lima pemain top di tanah Eropa yang bisa saja pensiun pada tahun 2021 mendatang,

  1. Lukasz Piszczek

Lukasz Piszczek adalah salah satu pemain Borussia Dortmund yang paling loyal kepada klub. Bek sayap asal Polandia ini telah menjadi bagian dari Dortmund sejak musim 2010/11.

Ia pernah mengantar Dortmund berhasil mendapatkan juara Bundesliga Jerman dua kali. Pemain berusia 35 tahun ini juga berperan penting dalam membantu klub mencapai final dari Liga Champions pada 2013 silam.

Ia sebenarnya sudah mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2020. Namun, dirinya menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun yang membuatnya tetap berada di klub hingga 2021.

Saat benar-benar mengakhiri kariernya nanti, Piszczek sudah jelas pantas disebut sebagai legenda Dortmund.

Namanya mungkin jarang jadi pemberitaan, namun kontribusi besarnya untuk Die Borussens tentu akan selalu diingat sepanjang masa.

  1. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic juga mengaku belum mau berhenti dari dunia sepak bola ini dalam waktu dekat. Pasalnya, pemain berusia 39 tahun ini masih menunjukkan penampilan yang luarbiasa dan mampu mendongkrak performa dari AC Milan belakangan ini.

AC Milan dibawanya berada pada puncak klasemen sementara Serie A Italia 2020/21. Rossoneri menang lima kali dari tujuh pertandingan pembukaan yang mereka jalanin musim ini.

Meski demikian, ia tak bisa melawan pertambahan usia. Satu-satunya alasan yang akan mungkin membuat dirinya pensiun adalah jika AC Milan mampu menghentikan hegemoni Juventus dalam ajang Serie A Italia.

  1. Wayne Rooney

Karier dari Wayne Rooney terbilang aneh. Saat pemain “seangkatannya” . . . Gabung . . . seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih bermain untuk level tertinggi, ia justru memilih pergi ke Everton dan kemudian ke Amerika Serikat atau Major League Soccer (MLS).

Saat ini, pemain berusia 35 tahun ini berstatus sebagai player-manager pada klub Derby County. Ia juga menjabat sebagai kapten dari klub, namun sayangnya mereka kini pada posisi juru kunci di Championship League, atau kompetisi kasta kedua pada sepak bola Inggris.

Derby County berpotensi untuk turun kasta, dan Rooney tampaknya akan lebih memilih untuk pensiun jika itu terjadi. Rooney mungkin akan pensiun sebagai pemain, serta mencari petualangan baru sebagai pelatih.

  1. Franck Ribery

Franck Ribery adalah pemain kunci dari Bayern Munchen selama 12 tahun (2007-2019). Semua gelar sudah pernah ia raih bersama dengan Die Roten.

Winger asal Prancis itu kemudian berhasil melanjutkan kariernya di klub Serie A Italia, Fiorentina. Ia pun masih bisa tampil apik untuk klub tersebut.

Bersama La Viola sejak musim 2019/20 lalu, ia sudah bermain sebanyak Dari 27 penampilan dengan torehan tiga gol dan lima assist.

Namun, ia tak bisa menyangkal bahwa kemampuannya sudah tidak seperti saat lima sampai 10 tahun yang lalu. Di akhir musim ini, dia bisa saja gantung sepatu dengan tenang.

Apalagi, kontraknya bersama Fiorentina akan segera berakhir pada akhir musim ini.

  1. Gianluigi Buffon

Tak akan ada yang menyangkal, Gianluigi Buffon adalah salah satu kiper terbaik yang pernah ada di dunia ini. Kiper asal Italia ini menghabiskan sebagian besar kariernya di Juventus.

Buffon juga sudah meraih banyak gelar sepanjang kariernya di level klub maupun Timnas. Ia pernah mengangkat trofi Piala Dunia bersama Timnas Italia pada 2016, namun Buffon gagal meraih Liga Champions selama kariernya.

Eks kiper PSG ini, sudah tidak menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Juventus, di mana ia hanya beberapa kali diturunkan jika Szecszny tidak fit.

Usia Gianluigi Buffon sudah 42 tahun. Tidak ada pilihan lain baginya untuk pensiun di akhir musim dan melanjutkan kariernya untuk menjadi pelatih misalnya.

x

Check Also

Moment Prancis Juara UEFA Nations League Menjadi Spesial Bagi Antoine Griezman

Jakarta – Dalam laga final UEFA Nations League yang digelar di San Siro, Minggu (10/10/2021) ...