Home > Berita Liga Inggris > 5 Pemain Terbaik Premier League di Posisi Holding Midfielder

5 Pemain Terbaik Premier League di Posisi Holding Midfielder

Peran dari seorang gelandang bertahan acap kali diabaikan begitu saja. Mereka tidak mencetak gol bahkan membuat assist. Mereka juga tak melakukan penyelamatan seperti bek atau kiper.

Akan tetapi seorang gelandang bertahan atau holding midfielder sangat berperan sebagai penjaga dan menghubungkan antara lini belakang dan lini depan.

Premier League adalah salah satu liga yang mengandalkan pentingnya gelandang bertahan untuk timnya. Tak jarang juara-juara dari Premier League lahir berkat andil dari pemain andalannya pada posisi gelandang bertahan.

Pemain berposisi ini tentu saja memiliki sikap yang bijaksana di lapangan dan terlihat tidak egois dalam memainkan permainan. Dengan perannya, sebagai gelandang bertahan diharuskan ntuk cerdik dalam kemampuan defensif. Tak jarang pemain di posisi ini begitu mengandalkan stamina dan fisiknya demi memutus serangan lawan.

Sedari dulu Premier League telah menjadi salah satu liga yang menghasilkan nama-nama terbaik untuk posisi gelandang bertahan. sampai saat ini masih ada pemain-pemain yang begitu spesial berkat kemampuannya yang jarang dimiliki pemain lain sebagai gelandang bertahan.

Lantas siapa saja holding midfielder terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki Premier League? berikut lima nama terbaiknya berdasarkan SatuPedia.

N’Golo Kante

N’Golo Kante disebut-sebut sebagai salah satu pemain bola yang jarang dibenci berkat sikap pemalu serta ramahnya. Namun, di lapangan Kante merupakan pemain yang tidak segan-segan untuk memberikan tekel keras demi mematikan pergerakan dari lawannya.

Perannya tersebut lah yang berhasil membawa klub seperti Leicester City bisa menjuarai Premier League dan menjadi sensasi pada musim 2015/16. Hal yang selanjutnya juga berhasil dia lakukan bersama Chelsea semusim setelahnya.

N’Golo Kante berhasil merebut trofi Premier League keduanya di Chelsea dan bahkan terpilih menjadi pemain terbaik Premier League di musim 2016/17. Penghargaan yang diraihnya berkat gaya permainannya yang tidak kenal ampun dan tidak kenal lelah. Kante bisa berlari kemana saja dengan staminanya yang begitu kuat.

Xabi Alonso

Liverpool pernah memiliki maestro di lini tengahnya dalam diri Xabi Alonso yang membawa The Reds meraih Liga Champions serta FA Cup di eranya. Bersama Xabi Alonso, Liverpool menjadi klub yang begitu ditakuti lini tengahnya.

Xabi Alonso memiliki modal yang sangat baik sebagai jenderal lini tengah. Dia memiliki passing mematikan, memutus aliran bola hingga menciptakan gol-gol berkelas. Keberadaannya melengkapi kepingan Liverpool saat itu bersama dengan Steven Gerrard.

Berkat keberadaan Xabi Alonso, Steven Gerrard pun menjadi lebih leluasa untuk membantu penyerangan Liverpool. Hadirnya Xabi Alonso di sektor holding midfielder, mampu memberikan rasa aman untuk pemain . . . Gabung . . . lain bergerak aktif membantu penyerangan.

Gilberto Silva

Gilberto Silva merupakan pemain penting yang dimiliki timnas Brazil ketika menjuarai Piala Dunia 1998. Hal serupa yang dia lakukan bersama Arsenal yang kala itu menjadi saingan terdekat Manchester United di Premier League.

Gilberto Silva merupakan salah satu alasan Arsenal bisa menjuarai liga tanpa terkalahkan dan menjadi satu-satunya tim yang bisa melakukannya. Di lini tengah, Gilberto mampu membuat lawannya frustasi karena bayang-bayang dari pemain Brazil ini.

Sebagai holding midfielder Gilberto tidak terburu-buru melakukan tekelnya, Gilberto lebih sering terlihat mencari celah ketika tanpa henti membayangi musuhnya. Ketika ada kesempatan Gilberto mampu menyuplai bola ke depan dengan kemampuan passing-nya yang mumpuni.

Fernandinho

Setelah Gilberto Silva ada lagi pemain asal Brazil yang mampu tampil sebagai salah satu yang terbaik di posisi holding midfielder, Fernandinho. Pemain yang kini berusai 35 tahun tersebut, sukses menjadi penyeimbang di Manchester City.

Manchester City yang memiliki filosofi menyerang tentu sangat membutuhkan pemain seperti Fernandinho yang bisa memberikan rasa aman ketika timnya asik menyerang. Selain bertahan, Fernandinho juga bisa membantu penyerangan lewat passing dan tembakan jarak jauhnya.

Fernandinho menjadi bagian penting Manchester City berkat perannya ketika bermain bersama Kevin De Bruyne dan David Silva. Dengan keberadaannya, Silva dan De Bruyne menjadi lebih aktif membantu sektor penyerangan dan Fernandinho sebagai back up untuk lini belakangnya.

Claude Makelele

Jika ada gelandang bertahan yang mampu tampil baik, selalu saja disandingkan dengan Claude Makelele. Hal yang terjadi karena Makelele merupakan bagian penting era emas Chelsea yang diasuh Jose Mourinho di periode pertamanya.

Bersama Makelele, Chelsea kala itu menjadi tim yang sulit dikalahkan oleh musuhnya. Claude Makelel memiliki kecerdasan dalam membaca permainan lawan, dan memiliki seni untuk menghentikannya.

Makelele sangat tangkas untuk menjegal lawannya dan mengamankan bola ke tempat yang lebih aman. Keberadaannya sudah tidak diragukan lagi begitu memberikan rasa aman untuk pemain-pemain di belakangnya.

x

Check Also

Romelu Lukaku Akan Dihadang Virgil van Dijk Saat Liverpool vs Chelsea Nanti

Liverpool – Pada akhir pekan ini dalam laga Premier League 2021/22 akan menyajikan pertandingan seru ...