Home > Berita Liga Indonesia > Persib Bandung > Wacana Format Liga 1 Berubah, Pelatih Persib Tak Masalah

Wacana Format Liga 1 Berubah, Pelatih Persib Tak Masalah

Bandung – Hingga saat ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih berusaha agar lanjutan kompetisi Liga 1 2020 bisa digulirkan kembali pada November mendatang.

Namun demikian, rencana tersebut sepertinya akan sulit untuk diwujudkan karena pihak kepolisian masih enggan untuk mengeluarkan izin keramaian dengan pertimbangan masih tingginya angka positif Covid-19 di Indonesia, ditambah pula aka nada Pilkada Serentak di sejumlah wilayah di Tanah Air pada 9 Desember mendatang.

Bila kompetisi tetap tidak dapat dilanjutkan pada November 2020, maka PSSI memiliki opsi untuk melanjutkannya pada Desember 2020 atau Januari 2021 namun dengan perubahan format kompetisi.

Apabila kompetisi bisa dilanjutkan pada November maka laga akan memainkan pekan keempat Liga 1 2020.

Namun seandainya kompetisi dilanjutkan pada Desember atau Januari, PSSI akan memakai format yang berbeda. Salah satunya yakni dengan menggunakan sistem turnamen.

Bila PSSI menggunakan sistem turnamen maka tentu saja Persib Bandung akan dirugikan sebab hingga laga ketiga Liga 1 2020, tim Maung Bandung telah mengumpulkan 9 poin, hasil dari 3 kali menang. Persib Bandung juga untuk sementara ini memuncaki klasemen Liga 1 2020.

Bila format kompetisi yang digunakan maka poin yang telah dikumpulkan Persib di awal Liga 1 2020 bakal hilang.

Menanggapi hal ini, pelatih Persib, Robert Rene Alberts, tidak terlalu mempermasalahkan, meskipun ada hal yang seharusnya dipertimbangkan oleh pihak PSSI.

“Saya rasa ada banyak hal yang harus dipertimbangkan tapi saya pikir bagus karena semua fokus untuk menyelenggarakan liga, meskipun liga yang berbeda,” kata Robert.

“Tapi tentunya harus ada pertimbangan bahwa Persib sejauh ini sudah memimpin liga dengan 9 poin dari tiga pertandingan,” sambungnya.

“Yang mana ini adalah poin maksimal yang mungkin didapat,” ujarnya.

Meskipun demikian, Robert mengaku akan tetap mendukung keputusan apapun yang akan diambil PSSI.

“Jadi kita lihat nanti keputusannya,” ucap Robert.

“Bagaimana dan apa yang akan terjadi ketika kami memulai lagi liga di Januari,” pungkasnya.

x

Check Also

Psikologi Pemain Menurun Jadi Alasan Persib Hentikan Aktifitas Tim

Bandung – Skuad Persib Bandung mendapat jatah libur selama dua hari, terhitung sejak Sabtu (17/10/2020). ...