Home > Berita Liga Inggris > Video, Cara Marcelo Bielsa Melatih Pemain Memang Benar-benar Gila

Video, Cara Marcelo Bielsa Melatih Pemain Memang Benar-benar Gila

El Loco yang artinya Si Gila, itulah julukan bagi manajer Leeds United, Marcelo Bielsa. Caranya melatih pemain memang benar-benar gila. Leeds United jadi salah satu tim yang sukses promosi ke Liga Inggris musim 2020/2021 ini. Leeds kembali lagi ke kompetisi di kasta teratas tanah Inggris itu setelah 16 tahun lamanya. Kesuksesan Leeds United pun tidak lepas dari tangan dingin Marcelo Bielsa.

Pria asal Argentina yang begitu gila dalam melatih anak-anak asuhnya. Dilansir dari Sport Bible, Marcelo Bielsa suka meledak-ledak di sesi latihan. Dia akan meneriaki para pemain untuk bertahan dengan baik, menjaga penguasaan bola, sampai menyerang dengan cepat. Bielsa akan meneriaki para pemainnya.

Malah tidak jarang, umpatan dan makian sering keluar dari mulutnya. Para pemain akan ‘dihabisi’. Fisik dan mentalnya benar-benar ditekan sampai tetes keringat terakhir. Contohnya seperti cuplikan di bawah ini, saat Bielsa melatih Athletic Bilbao pada tahun 2011. Sekarang saat melatih Leeds United dari tahun 2018 kemarin, Marcelo Bielsa tetap tidak berubah. Memang usianya sekarang sudah 65 tahun, tapi dirinya tetap meledak-ledak melatih pasukannya.

“Betapa gilanya metode latihan manajer Marcelo Bielsa. Anda tidak akan percaya, kalau Anda sendiri . . . . . . tidak mencobanya,” kata kapten Leeds United, Liam Cooper.

Salah satu metode latihan yang sering dilakukan Bielsa ke pemain Leeds United adalah ‘murderball’. Para pemain akan bermain tanpa aturan!

“Tidak ada aturan dan wasit. Kami hanya harus menjalankan tugas untuk merebut bola atau menjaga bola. Di situ juga diterapkan latihan taktis dan 100 persen sangat gila,” kata Liam Cooper.

Dari 4 pertandingan di awal musim Liga Inggris kali ini, Leeds United mengoleksi tujuh poin hasil dari dua kali menang, sekali seri, dan sekali kalah. Mereka sementara ada di peringkat kedelapan Klasemen Liga Inggris sementara. Leeds United bisa memberikan perlawanan sengit ke juara bertahan Liverpool meski kalah 3-4. Mereka juga bisa mengimbangkan Manchester City 1-1. Maka dengan kegilaan seorang Marcelo Bielsa, bisa sejauh mana Leeds United melangkah di liga?

x

Check Also

wolves vs Manchester United

Manchester United Bawa Pulang 3 Poin Usai Kalahkan Wolves 1-0

Manchester- Dalam laga pekan ke-3 EPL 2021/22 ini Manchester United sukses membawa pulang tiga poin ...