Home > Berita Liga Italia > VAR Jadi Penghalang Morata Cetak Gol

VAR Jadi Penghalang Morata Cetak Gol

Kalau ada striker di Eropa yang kelihatannya sangat berjodoh dengan VAR, orang itu mungkin Alvaro Morata. Tapi, berjodoh bukan dalam artian yang bagus. Sejak berseragam Juventus lagi pada musim ini, striker asal Spanyol, Alvaro Morata sering melihat upayanya mencetak gol dianulir wasit setelah melakukan review VAR (video assistant referee).

Puncak “keakraban” Alvaro Morata dan VAR terjadi pada Kamis (29/10/2020) dini hari WIB. Saat itu Juventus kalah 0-2 dari Barcelona di kandang sendiri dalam matchday 2 Liga Champions. Tidak tanggung-tanggung, pada pertandingan itu Morata melihat tiga golnya dianulir wasit via VAR. Di menit ke-15, Morata divonis offside saat berlari mengejar umpan terobosan Juan Cuadrado walau dia kemudian berhasil menaklukkan kiper Barcelona, Neto, dengan dua kali upaya.

Berselang 15 menit, gol Morata dianulir VAR lagi. Morata divonis sudah offside lagi saat meneruskan umpan silang Cuadrado. Di menit ke-57, hat-trick dianulirnya gol Morata oleh VAR menjadi genap. Morata kembali divonis offside dengan satu kakinya memang terlihat sedikit mendahului bek terakhir . . . . . . Barcelona.

Kejadian ini menjadi sejarah buat Liga Champions. Untuk pertama kalinya sejak VAR digunakan di Liga Champions, ada satu pemain yang mengalami tiga golnya dianulir. Menariknya, “perjodohan” Morata dengan VAR bukan hanya terjadi di Liga Champions. Dalam dua penampilan terbarunya di Liga Italia bersama Juventus, Morata juga selalu mengalami golnya dianulir via VAR.

Menghadapi Crotone pada 17 Oktober, Morata divonis offside seujung tumit, mirip-mirip dengan kejadian gol ketiganya yang dibatalkan di pertandingan melawan Barcelona. Alvaro Morata kembali divonis bersalah dalam keputusan offside yang sangat ketat saat menghadapi Hellas Verona pada 25 Oktober.

x

Check Also

Baru Pramusim, 3 Pemain Indisipliner Juventus Sudah Dibekukan

Musim 2021/22 belum lagi dimulai. Akan tetapi telah ada tiga pemain Juventus yang dilaporkan telah ...