Home > Timnas Indonesia > Timnas U-16 Indonesia Dapat Lampu Hijau Gelar TC di Eropa

Timnas U-16 Indonesia Dapat Lampu Hijau Gelar TC di Eropa

Timnas Indonesia U-16 diagendakan mengadakan pemusatan latihan (TC) di Eropa. Ada dua negara yang dibidik PSSI untuk melaksanakan agenda pasukan Bima Sakti itu. Melangsungkan TC di luar negeri akan menjadi pengalaman baru untuk timnas Indonesia U-19.

Selama ini tim Garuda Muda, berlatih di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi dan Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Hanya saja, belum diketahui kepastian waktu TC itu dilangsungkan. Saat ini PSSI sedang menjalin komunikasi dengan federasi negara tujuan yang bakal disinggahi timnas Indonesia U-16.

Beberapa hari lalu timnas Indonesia U-16, sudah menyelesaikan TC yang diadakan. Sekarang para pemain yang dipanggil dikembalikan ke rumahnya masing-masing.

“Rencananya timnas Indonesia U-16 akan melakukan TC ke Inggris atau Turki,” kata Plt sekjen PSSI Yunus Nusi saat dihubungi awak media.

Yunus menjelaskan timnas Indonesia U-16 akan terlebih dahulu menjalani pertandingan uji coba internasional, sebelum TC diadakanUni Emirat Arab (UEA), jadi lawan yang dihadapi. Awalnya, pertandingan uji coba itu tidak ada kejelasan. Penyebabnya, karena federasi sepakbola UEA (UAEFA), tidak kunjung membalas surat yang dikirimkan PSSI.

Tapi, beberapa hari lalu akhirnya PSSI mendapat surat balasan dari UAEFA. Mereka sepakat untuk mengadakan pertandingan uji coba yang dilangsungkan pada akhir bulan ini.

“Dua hari . . . . . . yang lalu, UEA membalas surat yang isinya menerima timnas Indonesia U-16 untuk pertandingan uji coba. Rencananya, uji coba diadakan sebelum 21 Oktober 2020 di UEA,” kata pria yang juga menjabat sebagai anggota komite eksekutif (Exco) PSSI itu.

Uji coba internasional memang dibutuhkan timnas Indonesia U-16, untuk melihat kesiapan pemain sebelum terjun di Piala Asia U-16, tahun depan. Mengingat, selama ini I Made Kaicen dan kawan-kawan, berhadapan dengan klub lokal. Pada Piala Asia U-16 yang diadakan di Bahrain, timnas Indonesia U-16, berada di Grup D.

Pasukan Garuda Muda itu akan menghadapi lawan tangguh yaitu Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok. Bila bisa mencapai babak semi-final, timnas Indonesia U-16 dapat bermain di putaran final Piala Dunia U-17. Ajang itu akan dilaksanakan di Peru.

x

Check Also

Lepas Timnas Putri Indonesia ke Piala Asia Wanita 2022, Ketum PSSI Mengaku Terharu

Jakarta – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tidak bisa menahan rasa harunya saat melepas rombongan ...