Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-16 > Timnas Indonesia U-16 Dijadwalkan Gelar TC Lagi Bulan November

Timnas Indonesia U-16 Dijadwalkan Gelar TC Lagi Bulan November

Timnas Indonesia U-16 sudah melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Cikarang, Jawa Barat, sejak 20 September. TC itu pun resmi rampung pada Sabtu (3/10) kemarin, dan hasilnya memuaskan. Seperti dikatakan pelatih timnas U-16, Bima Sakti, perkembangan anak-anak makin bagus pada TC kali ini.
Sebagaimana diketahui, TC ini merupakan persiapan Garuda Muda menuju Piala Asia U-16 yang diundur tahun depan.

“Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar. Yang pasti fisik mereka lebih kuat, faktor-faktor teknik dan lainnya juga meningkat secara signifikan, organisasi bertahan dan transisi sudah semakin bagus,” ungkap Bima, dikutip laman resmi PSSI.

Pada hari penutup TC Oktober ini, Bima hanya memberikan materi latihan dengan intensitas yang rendah. Anak-anak sudah digembleng sejak pekan terakhir September, dan semuanya kelihatan disiplin serta antusias untuk berkembang.

“Hari ini (kemarin) kami latihan dengan tempo rendah, salah satunya kami berlatih passing, rondo, dan yang terakhir internal game,” kata mantan kapten dan pemain timnas Indonesia itu.

Bagaimana pun, tim pelatih timnas U-16 harus membuat para pemain nyaman dan tidak jenuh selama TC ini, karena Piala Asia U-16 masih lama. Maka itu, variasi menu latihan diperlukan untuk membuat anak-anak makin kompak.

“Ada juga permainan bola yang kami buat seperti bola voli, di mana lima lawan lima . . . Gabung . . . pemain dibagi menjadi empat tim yang saling berhadapan,” kata mantan pelatih timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu.

“Itu yang menjadikan tim ini suatu kesatuan, kekompakan, komunikasi dan faktor lainnya yang berhubungan dengan sepakbola semakin baik dan terus meningkat setiap saat,” kata Bima.

Setelah kembali ke lapangan pada Juli, timnas U-16 sudah melakukan TC tiga kali pada pandemi virus corona ini. Bima berharap pemain bisa kembali berkumpul dan melanjutkan TC pada bulan depan.

“Iya, rencananya untuk TC berikutnya di bulan November, awal minggu atau di minggu kedua,” katanya.

Sebagaimana diketahui, timnas U-16 tergabung di grup berat Piala Asia U-16 yang dihuni oleh Arab Saudi, Jepang, dan Tiongkok, dengan menghuni Grup D. Sekarang PSSI dalam posisi menunggu kapan AFC menetapkan jadwal baru dari kejuaraan yang akan dilaksanakan di Bahrain itu.

x

Check Also

Fisik Pemain Jadi Salah Satu Prioritas Selama TC TImnas Indonesia U-16 di Sleman

Skuad timnas U-16 Indonesia selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Sleman memiliki beberapa target yang ...