Home > Berita Liga Indonesia > Tiga Pelatih Ini Pernah Perkuat Persija Sebagai Pemain

Tiga Pelatih Ini Pernah Perkuat Persija Sebagai Pemain

Liga 1 2020 musim ini diikuti oleh 18 klub. Dari 18 tim rupanya tiga diantaranya dilatih oleh mantan pemain Persija. Dilansir dari laman resmi Persija, tentu ini membuktikan Persija tidak hanya pandai dalam mencetak pemain hebat. Tapi juga bisa melahirkan pelatih yang mumpuni.

Untuk lebih jelasnya berikut daftar nama mantan pemain Persija yang melatih tim Liga 1 2020:

1. Rahmad Darmawan.

Untuk musim ini, Rahmad Darmawan menjabat sebagai pelatih Madura United. Ini juga merupakan tahun perdana bagi Rahmad Darmawan bersama Laskar Sape Kerrab. Jauh sebelum melatih lelaki yang sering disapa RD tersebut memulai karirnya sebagai pemain Persija pada tahun 1986 sampai 1991.
Enam tahun berseragam Persija, RD memutuskan untuk melanjutkan petualangannya ke negeri tetangga.

Tepatnya saat itu, RD tergabung dengan klub asal Malaysia, ATM FA di musim 1992-1993. Setelah dari Malaysia RD rupanya memutuskan kembali ke Indonesia. Kali ini lelaki yang berusia 53 tahun itu balik kepelukan Persija. RD pun mengakui kalau karirnya di Persija merupakan yang terlama sebagai pesepak bola profesional.

“Klub yang paling lama saya bela memang Persija Jakarta,” kata RD.

“Kalau bicara kenangan, banyak sekali kenangan saya di sana,” katanya.

Tidak hanya sebagai pemain, rupanya RD juga sempat menjabat sebagai pelatih Persija. Hal itu terjadi pada musim 2006-2007, 2010-2011, dan 2014-2015.

2. Widodo C Putro.

Widodo C Putro musim ini mengarungi kasta tertinggi sepak bola Indonesia dengan meyandang status pelatih Persita Tangerang. Sementara itu, untuk karir Widodo di . . . . . . Persija sebagai pemain dimulai tahun 1998 sampai 2003. Lima tahun bersegaram Persija, Widodo sukses berikan gelar juara Liga indonesia pada tahun 2001.

Selain gelar juara, ternyata Widodo juga meninggalkan ilmu bagi juniornya saat itu. Mulai dari nama Budi Sudarsono, Bambang Pamungkas, dan Gendut Doni merupakan pemain yang pernah dimentori oleh Widodo. Hal itu dilakukan Widodo karena memang ingin melihat pemain Persija bisa tampil hebat.

“Saya saat itu di tahun 2001 harus realistis masa saya sudah habis dan mendekati masa pensiun ketika itu,” kata Widodo.

“Bagaimana kontribusi saya memunculkan bibit pemain yang bagus walaupun itu saya belum menjadi pelatih,” katanya.

3. Budi Sudarsono

Untuk Budi, musim ini merupakan musim perdana baginya menjadi seorang pelatih. Budi dipercaya menjabat sebagai pelatih Persik Kediri. Sebelum jadi pelatih Budi sempat bermain untuk Persija pada tahun 2001 sampai 2002. Tidak berselang lama Budi memutuskan untuk pergi ke Deltras Sidoarjo. Tapi satu musim setelahnya, pria yang sering di sapa Si Ular PIton itu kembali ke Persija pada musim 2003-2004.

x

Check Also

RANS Cilegon FC Lolos ke Liga 1, Gading Marten Tantang Raffi Ahmad

Jakarta – RANS Cilegon FC berhasil promosi ke Liga 1 setelah sukses mengalahkan PSIM Yogyakarta ...