Home > Berita Liga Spanyol > Thomas Partey Menuju Arsenal, Klub Liga 2 Spanyol Ini Dapat Uang Rp 86 Miliar

Thomas Partey Menuju Arsenal, Klub Liga 2 Spanyol Ini Dapat Uang Rp 86 Miliar

Thomas Partey memang tidak pernah bermain untuk Leganes. Tapi, transfernya ke Arsenal membuat Laganes mendapatkan uang sampai Rp86 miliar. Thomas Partey resmi pindah menuju Arsenal pada hari terakhir bursa transfer awal musim 2020/2021. The Gunners menebus klausul pelepasan yang ada di kontrak pemain asal Ghana itu bersama Atletico Madrid.

Arsenal harus membayar sampai 50 juta euro untuk mendapatkan jasa Thomas Partey. Pemain 27 tahun itu menjalani tes medis di Madrid, untuk kemudian baru terbang ke London dan bergabung ke Arsenal. Transfer Thomas Partey sekaligus menutup aksi Arsenal di bursa transfer. The Gunners sebelumnya sempat dikaitkan dengan gelandang Lyon, Houssem Aouar.

Akhirnya, Mikel Arteta lebih memilih membeli Partey. Thomas Partey tidak pernah bermain untuk Leganes pada level kompetitif. Dia juga tidak pernah bermain di level junior bersama klub yang sekarang bertanding di Segunda Division [seperti Liga 2 itu. Tapi, Laganes punya hak atas transfer Partey. Dikutip dari Diario AS, Leganes punya 10 persen hak kepemilikan Thomas Partey. Kasus ini dimulai pada 2012 silam.

Saat itu, Leganes membawa Thomas Partey dari Ghana. Dia berlatih beberapa hari di klub sebelum ditawarkan ke Atletico Madrid. Thomas Partey akhirnya pindah ke Atletico, tapi Leganes tetap punya 50 persen kepemilikan Thomas Partey. Pada 2017, Leganes dan Atletico Madrid . . . . . . mengubah kesepakatan. Leganes melepas 40 persen hak mereka atas Thomas Partey.

Saat itu, Atletico membayar 6 juta euro untuk membelinya. Leganes masih punya 10 persen hak atas Thomas Partey. Nah, Arsenal baru saja membayar 50 juta euro untuk transfer Thomas Partey. Artinya, Leganes masih punya hak 10 persen atau 5 juta euro [sekitar Rp86 miliar]. Lagenes pun berhak menagis uang itu ke pinah Atletico.

Atletico Madrid sebenarnya tidak ingin melepas Thomas Partey. Bahkan, pelatih Diego Simeone disebut marah dengan transfer ini. Tapi, Thomas Partey lah yang ingin pindah ke Arsenal dan menjadi pasukan Mikel Arteta. Atletico kemudian mendapatkan jasa Lucas Torreira. Dia memang tidak lagi dipakai oleh Mikel Arteta di Arsenal. Lucas Torreira pindah ke Atletico dengan status pinjaman. Mantan pemain Sampdoria akan bergabung dengan klub asal ibukota Spanyol sampai akhir musim 2020/2021. Dia menjadi pengganti Lucas Torreira.

x

Check Also

Real Madrid vs Cadiz Berakhir Dengan Skor 0-0, Gawang Cadiz Susah Ditembus Madrid !

Jakarta – Dalam laga lanjutan La Liga 2021/22, Real Madrid tidak berhasil mencetak gol ke ...