Home > Berita Liga Italia > Tanpa Ronaldo, Juventus Seperti Kehilangan Separuh Nyawa

Tanpa Ronaldo, Juventus Seperti Kehilangan Separuh Nyawa

Juventus kecolongan 4 poin dari dua pertandingan terakhir di Liga Italia yang seharusnya bisa mereka menangi. Setelah ditahan tim promosi Crotone 1-1 di pekan keempat, anak asuh Andrea Pirlo diimbangi Hellas Verona dengan skor sama akhir pekan kemarin. Padahal, kalau mampu memenangi duel itu, Bianconeri bisa melonjak untuk menyaingi AC Milan di pucuk klasemen.

Hasil imbang dua pekan terakhir terjadi saat Bianconeri tampil tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo. Superstar Portugal itu absen karena menjalani isolasi setelah terinfeksi COVID-19. Tanpa Ronaldo, Juventus ibarat kehilangan separuh nyawa atau setengah kekuatannya.
Hal itu terpapar di atas kertas dalam statistik menurut Transfermarkt.

Khusus di Serie A, rataan perolehan poin Juventus menurun ketika tidak diperkuat sang mesin gol. Bahkan tren itu sudah terlihat sejak periode perdana CR7 mendarat di Turin. Di Liga Italia 2018-2019, Juventus membukukan rata-rata 2,52 poin per partai dalam 31 pertandingan bersama Ronaldo. Adapun saat CR7 absen, rasio angka mereka turun drastis menjadi hanya 1,7 keping.

Musim berikutnya, Bianconeri mendulang rata-rata 2,21 poin dengan adanya CR7 di skuad. Saat Ronaldo tidak tampil, rapornya menjadi 2 angka per gim. Sementara itu, di Liga Italia musim ini Ronaldo sudah melewatkan dua pertandingan. Klub hanya memetik 2 poin dari hasil imbang dengan Crotone dan Verona, alias rata-rata 1 angka per pertandingan.

Saat Ronaldo main, Juventus lebih baik raihannya dua kali lipat . . . . . . dengan mendulang 4 poin dari dua pertandingan (2 angka per gim). Masing-masing berkat kemenangan 3-0 atas Sampdoria dan seri 2-2 dengan AS Roma. Hasil pertandingan melawan Napoli tentu tidak dihitung karena hadiah WO (3-0).

Kalau ditotal, sejak musim 2018-2019 itu, Cristiano Ronaldo sudah absen dalam 14 pertandingan Serie A karena berbagai alasan. Hasilnya pun menunjukkan bahwa Juventus hanya memenangi 7 pertandingan atau separuh di antaranya. Sisanya, ada 3 partai yang berakhir imbang dan 4 lagi berujung kekalahan. Karena itu, menjadi PR besar bagi Alvaro Morata, Paulo Dybala, sampai Dejan Kulusevski untuk mengatasi ketergantungan terhadap Ronaldo.

Berikut ini hasil 14 partai Juventus di Liga Italia tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo.

2020-2021

vs Crotone 1-1
vs Verona 1-1

2019-2020

vs Brescia 2-1
vs Lecce 1-1
vs Atalanta 3-1
vs Brescia 2-0
vs Roma 1-3

2018-2019

vs Udinese 4-1
vs Genoa 0-2
vs Empoli 1-0
vs Cagliari 2-0
vs AC Milan 2-1
vs SPAL 1-2
vs Sampdoria 0-2

x

Check Also

Baru Pramusim, 3 Pemain Indisipliner Juventus Sudah Dibekukan

Musim 2021/22 belum lagi dimulai. Akan tetapi telah ada tiga pemain Juventus yang dilaporkan telah ...