Home > Berita Liga Inggris > Chelsea > Tak Hanya Petr Cech, Deretan Pemain Ini Juga Pernah Batal Pensiun

Tak Hanya Petr Cech, Deretan Pemain Ini Juga Pernah Batal Pensiun

Penelitian juga menunjukkan bahwa tidak mudah bagi atlet untuk mempertahankan kebugarannya setelah berusia 35 tahun. Oleh karena itu, pensiun sering kali diputuskan setelah pertimbangan rasional yang berat. Tapi, dunia sepakbola masih melihat beberapa pengecualian, saat para bintang memutuskan untuk kembali setelah mengucapkan selamat tinggal. Siapa saja?

1. Petr Cech

Cech makes shock Chelsea comeback after inclusion in Premier League 25-man  squad as 'emergency cover' | Goal.com

Baru-baru ini, Chelsea membuat “kejutan” saat memasukkan nama Petr Cech ke dalam daftar 25 pemain untuk bermain di Liga Primer Inggris 2020/21. Kiper berusia 38 tahun itu gantung sarung tangan pada tahun lalu, dan saat ini menjadi penasihat teknis untuk The Blues .
Cech terdaftar sebagai kiper keempat Chelsea, setelah Edouard Mendy, Kepa Arrizabalaga dan Willy Caballero.

2. Arjen Robben

Arjen Robben Umumkan Kembali Bermain Sepakbola Bersama Groningen | Goal.com

Pada musim panas 2020, Robben mengumumkan untuk kembali ke lapangan setelah lebih dari setahun pensiun dengan seragam Bayern Munich. Secara khusus, ia kembali bermain untuk Groningen, tim profesional pertamanya yang menghadapi kesulitan keuangan akibat pandemi Covid-19.

Bintang Belanda itu mengatakan: “Meskipun ini adalah tantangan fisik yang sangat besar, saya siap menghadapinya. Ini adalah impian saya untuk bermain lagi di Groningen.”

3. Paul Scholes

Club Heroes: Happy birthday to Manchester United legend Paul Scholes | Shoot

Pada 8 Januari 2012, Paul Scholes tiba-tiba hadir di bangku cadangan melawan Manchester City. Legenda The Red Devils itu kembali bermain setelah lebih dari 6 bulan sejak menyatakan pensiun. Media Inggris melaporkan, Sir Alex meyakinkan mantan pemain Inggris itu untuk bermain sekali lagi, sebagaimana ia butuh tambahan tenaga di lini tengah.

4. Jens Lehmann

Former Arsenal Goalkeeper Jens Lehmann Reveals Biggest Regret & Day That  Football Broke His Heart | ht_media

Lehmann adalah anggota terakhir generasi Invincibles yang berpisah dengan Arsenal. Maret 2011, dia bersatu kembali dengan klubnya itu setelah hampir setahun gantung sepatu. Legenda Jerman itu kembali sebagai pelapis setelah dibujuk oleh Wenger.

5. Johan Cruyff

Johan Cruyff - Player profile | Transfermarkt

“Karena kehilangan jutaan euro di peternakan babi, saya memutuskan untuk bersatu kembali dengan sepakbola.” – Cruyff menceritakan hari saat dia bergabung dengan Los Angeles Aztec pada 1978.

Setelah perjalanannya di Amerika, legenda Belanda itu kembali ke kampung halamannya bersama Ajax dan Feyenoord sebelum memutuskan pensiun untuk kedua kalinya.

6. Robbie Rogers

Robbie Rogers: why coming out as gay meant I had to leave football |  Football | The Guardian

Setelah dipecat oleh Leeds, Rogers memutuskan pensiun dari sepakbola pada usia 25 tahun. Tapi, setelah hanya beberapa bulan, ia memutuskan untuk bergabung dengan LA Galaxy pada 1987.

7. Roger Milla

Roger Milla - Player profile | Transfermarkt

Italia pada musim panas 1990 menyaksikan salah satu selebrasi ikonik dalam sejarah sepakbola dunia. Di tiang pojok, Roger Milla menampilkan tarian tradisional Kamerun setelah mencetak gol ke gawang Kolombia. Hanya setahun sebelumnya, ia mengumumkan pengunduran dirinya dengan seragam Montpellier.

8. Carlos Roa

Carlos Roa Pernah Tolak Gabung Manchester United karena Menilai Dunia Bakal  Kiamat - bolaskor.com

Pada 1999, Roa menolak Manchester United lalu mengumumkan kalau dia gantung sepatu karena keyakinan kalau dunia akan segera berakhir. Enam bulan kemudian, umat manusia memasuki milenium baru. Roa kembali menandatangani kontrak dengan Mallorca dan terus bermain sepakbola selama enam tahun kemudian.

9. Marc Overmars

Classic Transfer: Arsenal snap up Marc . . . <a href= . . . Overmars for £5.5million in June 1997 – talkSPORT" width="482" height="289" />

Pada musim panas 2008, Overmars tiba-tiba muncul dalam pertandingan penghormatan kepada Jaap Stam, setelah empat tahun meninggalkan lapangan karena cedera. Penampilan inilah yang membuat banyak klub berminat pada legenda Belanda itu. Hanya dalam satu bulan, Overmars bergabung dengan Go Ahead Eagles. Dia bermain untuk musim lainnya sebelum secara resmi gantung sepatu.

10. Stephen Carr

How sepsis took the life of ex-Republic of Ireland player's mother

Pada Desember 2008, enam bulan setelah kontraknya dengan Newcastle United habis, Stephen Carr memutuskan untuk gantung sepatu karena tidak dapat menemukan klub baru. Tapi dua bulan berselang ia mulai berlatih dengan Birmingham City sampai akhirnya dikontrak. Carr bermain untuk Birmingham sampai 2013 sebelum benar-benar pensiun.

11. Landon Donovan

Landon Donovan returns to professional soccer with the San Diego Sockers –  Daily News

Pencetak gol sepanjang masa MLS itu memutuskan untuk pensiun pada 2014. Tapi pada 2016, sang legenda mengatakan kembali sebagai pemain, ketika timnya LA Galaxy kekurangan pemain karena cedera. Dia lalu melanjutkan bermain untuk Leon dan SD Sockers, sebelum gantung sepatu pada musim panas 2019.

12. Edgar Davids

Edgar Davids - Player profile | Transfermarkt

Sempat diduga Davids sudah pensiun dari sepakbola pada 2010 setelah dilepas Crystal Palace, tapi dua tahun kemudian, ia bergabung dengan Barnet sebagai pemain dan manajer. Awalnya ia mengemban jabatan itu bersama Mark Robson, tapi kemudian Davids ditunjuk sebagai pelatih tunggal.
Apa yang dia lakukan setelah itu sangat unik dan kontroversial: selalu mencantumkan namanya di line-up awal. Walau ia mendapuk diri sebagai kapten, Davids justru tidak pernah bermain tandang dan lebih memilih untuk mengirim asisten sebagai gantinya.

13. Socrates

Socrates, Sang Filsuf Brazil Halaman all - Kompasiana.com

Pada 2004, setelah lebih dari satu dekade pensiun, Socrates kembali pada usia 50 tahun, bersama Garforth Town. Dia datang ke sana sebagai pemain dan pelatih, tapi hanya memiliki satu penampilan dari bangku cadangan dan bermain selama 12 menit.

14. Pele

10 Pemain Depan terbaik Sepanjang Masa Dalam Sepak Bola | tokoarison.com

Pada 1974, Pele pensiun dari sepakbola setelah memperkuat Santos selama 19 tahun. Tapi ia kemudian pergi ke AS untuk bergabung dengan New York Cosmos pada 1975. Dalam tiga tahun, “King of Football” mencetak 37 gol, membantu tim itu dua kali juara NASL.

15. George Best

Kisah haru putra legenda MU George Best rawat ayah di akhir hayat |  merdeka.com

Di akhir musim 1971/72, Best mengumumkan pengunduran dirinya tapi terus berlatih dan bermain. Ia merasa bosan dan mulai berpesta sepanjang malam. Pada tahun yang sama, dia mengumumkan kalau dia menggantungkan sepatunya untuk kedua kalinya, tapi masih bergabung dengan latihan tim.
Sampai akhirnya musim 1982, Best resmi pensiun dari sepakbola pada usia 37 tahun. Kariernya berada di puncak kemerosotan karena alkohol, cinta, dan perjudian. Pada 2005, Best meninggal di usia 59 tahun karena masalah di bagian hati.

x

Check Also

Thomas Tuchel Tak Akan Lepas Hakim Ziyech dan Timo Werner Januari Nanti

London – Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, memastikan tidak akan melepas Hakim Ziyech dan Timo Werner ...