Home > Berita Liga Indonesia > Shopee Liga 1 2020 > Soal Pelaksanaan Liga, Satgas COVID-19 Beri Saran Ini Untuk PSSI

Soal Pelaksanaan Liga, Satgas COVID-19 Beri Saran Ini Untuk PSSI

Jakarta – Koordinator tim pakar dan juru bicara satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memberikan saran kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi untuk mempertimbangkan zona resiko penyebaran virus Corona.

Seperti dieketahui, hingga saat ini PSSI sedang berupaya untuk melobi pemerintah dan pihak kepolisian untuk bisa memberikan izin agar Liga 1 2020 bisa dilanjutkan kembali.

Menurut Wiku, pihaknya tidak melarang aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan sepak bola, asalkan tetap dilakukan dengan komitmen mematuhi protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran virus Corona.

“Dalam pelaksanaan liga tersebut, perlu adanya kepatuhan dari seluruh komponen penyelenggara sepakbola, atau seluruh yang terkait dengan sepakbola, federasi, klub hingga suporter,” ujar Wiku dalam keterangannya melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“PSSI sejauh ini telah menyusun protokol kesehatan untuk pertandingan sepakbola dengan melibatkan ahli medis, dan juga sudah menganggarkan biaya untuk swab test,” sambungnya.

Namun demikian, untuk soal perizinan, Satgas Covid-19 menyarankan agar PSSI berkooordinasi dengan kepolisian.

“Terkait izin pertandingan sepakbola, perlu adanya koordinasi lebih lanjut . . . Gabung . . . antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru dengan pihak kepolisian, dan mempertimbangkan status zonasi di mana pertandingan sepakbola tersebut akan dilakukan,” kata Wiku.

“Perlu diingat juga, keputusan penundaan yang dilakukan untuk keselamatan dan kesehatan kita bersama,” lanjutnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini masih ada 10 wilayah provinsi di Indonesia yang masuk ke dalam zona merah. Lima di antaranya mengalami kenaikan, yakni Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Aceh.

Sedangkan beberapa kota yang menjadi tempat penyelenggaraan lanjutan Liga 1 2020, seperti Tangerang, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Malang, Kediri, Bantul, dan Sleman, masuk ke dalam zona oranye.

x

Check Also

Di Antara Negara ASEAN, Hanya Indonesia Yang Kompetisi Sepakbolanya Terhenti

Jakarta – Setelah PSSI memutuskan untuk menunda lanjutan Liga 1 2020 hingga awal tahun depan, ...