Home > Berita Liga Indonesia > Persija Jakarta > Soal Naturalisasi Pemain Asing, Menpora Tegaskan Tetap Selektif

Soal Naturalisasi Pemain Asing, Menpora Tegaskan Tetap Selektif

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, menegaskan bahwa pihaknya akan tetap selektif dalam memproses permohonan naturalisasi atlet sebelum merekomendasikan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Menurut Zainudin Amali, seleksi dilakukan berdasarkan apakah ada kebutuhan yang mendesak dan apakah sang atlet bisa berkontribusi untuk peningkatan prestasi tim olahraga Indonesia.

“Ini yang akan jadi pedoman ketika ada permohonan naturalisasi. Kami tidak akan langsung merekomendasikan ke Kemenkumham,” tegas Zainudin.

Dalam pengalaman sebelumnya, atlet yang telah dikabulkan permohonan naturalisasinya ternyata tidak bisa menunjukkan kontribusi positif bagi prestasi olahraga Indonesia.

Karena itu, setiap cabang olahraga diminta untuk memonitor perkembangan atlet naturalisasinya.

“Kemenpora meminta cabor memonitor atlet yang sudah kami setujui proses kewarganegaraannya. Gunanya untuk memonitor perkembangan apakah ada dampak positif atau tidak,” kata Zainudin.

Sebelumnya, Kemenpora mengumumkan empat nama atlet yang permintaan naturalisasinya telah disetujui.

Mereka adalah Brandon Jawato (basket putra), Lester Prosper (basket putra), Kimberley Pierre-Loui (basket putri), dan Marc Anthony Klok (sepak bola).

Menurut Zainudin, Jawato dan Prosper, memang dibutuhkan karena Indonesia ingin lolos fase kualifikasi Piala Asia FIBA 2021.

“Kalau basket ini mendesak karena Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia, sehingga mendasari kami memberikan rekomendasi,” kata Zainudin.

Sedangkan Marc Anthony Klok yang sekarang menjadi pemain Persija Jakarta diharapkan bisa membantu menaikkan peringkat Indonesia di FIFA.

“Kalau sepak bola, kita harus meningkatkan peringkat FIFA, sehingga Kemenpora merekomendasikan Anthony Klok,” jelasnya.

x

Check Also

Persija Ditinggal Marko Simic Karena Kompetisi Belum Jelas

Jakarta – Striker Persija Jakarta memutuskan pulang kampung selagi belum jelasnya kabar kelanjutan Liga 1 ...