Home > Berita Liga Inggris > Simak Catatan Apik Klopp Selama 5 Tahun Menukangi Liverpool

Simak Catatan Apik Klopp Selama 5 Tahun Menukangi Liverpool

Genap 5 tahun berada di Anfield, Jurgen Klopp berhasil merevolusi Liverpool menjadi salah satu tim terkuat di Liga Inggris dan bahkan di Eropa saat ini. Sebelum Klopp datang, skuat Liverpool bukan merupakan skuat terkuat di Liga Inggris. Bahkan skuat yang The Reds miliki tidak lebih baik dari skuat yang dimiliki oleh klub-klub semacam Tottenham Hotspur dan yang setara.

Klopp datang dan berhasil merevolusi skuat Liverpool. Hasilnya Liverpool berhasil merengkuh trofi Liga Primer Inggris untuk kali pertama sejak 30 tahun. Selain itu, Klopp juga berhasil mengantarkan trofi Liga Champions kelima untuk Liverpool sekaligus sukses menjadi kampiun di ajang Piala Super Eropa dan juga di gelaran Piala Dunia Antarklub.

Dari data yang dirangkum oleh Stats Perform menyebutkan kalau Klopp sukses memenangi 164 pertandingan dari 272 pertandingan yang dirinya mainkan bersama Liverpool. Presentase kemenangan juru taktik asal Jerman itu berada di angka 60,3 persen dan menjadi pelatih Liverpool dengan presentase kemenangan terbaik sepanjang masa.

Catatan Klopp mengungguli nama-nama legendaris yang pernah duduk sebagai pelatih Liverpool, seperti Kenny Dalglish, Bob Paisley, William Edward Barclay, Rafael Benitez, dan Joe Fagan. Dirinya juga berada di urutan kedua daftar pelatih Liga . . . . . . Inggris terbaik sepanjang masa dengan rataan poin per pertandingan mencapai 2,13 poin.

Lebih baik dari Sir Alex Ferguson, Antonio Conte, Jose Mourinho, Roberto Mancini, dan hanya kalah dari rataan 2,33 poin per pertandingan yang berhasil dicatatkan oleh Pep Guardiola. Catatan impresif lainnya adalah 18 kemenangan beruntung dari Oktober 2019 sampai Februari 2020 yang termasuk ke dalam bagian dari 44 pertandingan tidak terkalahkan Liverpool sejak Januari 2019.

Statistik itu hanya kalah dari pencapaian Arsenal dengan 49 pertandingan tidak terkalahkan dari Mei 2003 sampai dengan Oktober 2004 yang menjadi jumlah terbanyak di Liga Inggris hingga saat ini. Catatan dan pencapaian yang ditorehkan oleh Klopp ini tentunya akan berlanjut mengingat Liverpool masih akan terus memakai jasanya sampai beberapa tahun ke depan.

 

x

Check Also

Delapan Pemain Brasil Terancam Tidak Bisa Bermain di Liga Inggris Selama Dua Pekan

Jakarta – Buntut perseteruan antara Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) dan beberapa klub Liga Inggris ...