Home > Timnas Indonesia > Shin Tae-yong Sempat Khawatir Dengan Debut Elkan Baggott

Shin Tae-yong Sempat Khawatir Dengan Debut Elkan Baggott

Belum lama ini, akhirnya Shin Tae-yong dapat memainkan Elkan Baggott secara perdana dalam pertandingan uji tanding di timnas U-19 Indonesia. Seperti diketahui pada pertandingan-pertandingan uji coba sebelumnya, Shin Tae-yong belum bisa menurunkan Elkan Baggott dalam uji coba timnas U-19 Indonesia karena masih berurusan dengan klubnya, Ipswich Town.

Baru pada pertandingan uji tanding kesembilan timnas U-19 Indonesia di Kroasia, Shin Tae-yong bisa menurunkan Elkan Baggott. Tepatnya, saat timnas U-19 Indonesia asuhan Shin Tae-yong bertanding melawan timnas U-19 Makedonia Utara, 11 Oktober 2020. Dalam pertandingan itu, Elkan Baggott menjadi salah satu pemain timnas U-19 Indonesia yang tampil sebagai starting line-up.

Baggott yang baru menjalani debutnya bersama timnas U-19 Indonesia itu langsung diberikan kepercayaan oleh Shin Tae-yong untuk tampil penuh atau bermain 90 menit. Pemain yang merumput bersama Ipswich Town U-18 itu bisa membantu timnas U-19 Indonesia meraih kemenangan 4-1 atas timnas U-19 Makedonia Utara.

Kemenangan timnas U-19 Indonesia hadir berkat gol dari Witan Sulaiman saat pertandingan baru berjalan 12 menit, Jack Brown (58′ dan 69′) serta Irfan Jauhari pada menit ke-83. Sementara itu pada menit ke-48, timnas U-19 Makedonia Utara hanya mampu ciptakan satu gol melalui tendangan 12 pas dari Dimitar Todorovski.

Walaupun tidak mampu menciptakan gol ataupun assist, Elkan Baggott menjadi salah satu kekuatan di balik kokohnya pertahanan timnas U-19 Indonesia dalam pertandingan uji coba itu. Baggott yang memiliki postur tinggi 194 cm sering bisa memenangi duel baik udara maupun saat satu lawan satu.

Tak ayal, bek berdarah Indonesia-Inggris itu langsung menjadi . . . Gabung . . . idola dalam penampilan perdananya bersama timnas U-19 Indonesia. Tidak sedikit dari netizen yang memberikan respon positif maupun apresiasi untuk permainan Elkan Baggott melawan timnas U-19 Makedonia Utara. Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, pun turut memberikan apresiasi untuk debutnya Baggott.

“Kedua pemain ini (Elkan Baggott dan Jack Brown) cukup baik hari ini,” kata Shin Tae-yong seperti dilansir dari YouTube PSSI, 12 Oktober 2020.

Tapi uniknya, justru Shin Tae-yong sempat khawatir dengan Elkan Baggott saat akan jalani pertandingan pertama bersama timnas U-19 Indonesia. Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu mengatakan dirinya khawatir kalau Baggott akan kesulitan dalam berkomunikasi dengan para pemain Garuda muda lainnya saat di lapangan.

“Elkan Baggott sebenarnya dikhawatirkan sulit berkomunikasi dengan rekannya di tim (timnas U-19 Indonesia),” kata Shin Tae-yong.

Secara mengejutkan, kenyataannya apa yang dikhawatirkannya itu tidak menjadi kendala untuk Elkan Baggott. Baggott dinilai oleh Shin Tae-yong bisa mengatasi kendala komunikasinya dengan baik di lapangan.

“Tapi, hari ini saya lihat tidak begitu bermasalah (masalah komunikasi Elkan Baggott dengan para pemain timnas U-19 Indonesia lainnya di lapangan),” kata juru taktik berusia 51 tahun itu.

x

Check Also

Witan Sulaeman Yakin Indonesia Bisa Kembali Menang Atas Taiwan di Leg Kedua

Jakarta – Timnas Indonesia akan kembali berhadapan dengan Taiwan pada laga leg kedua play-off Kualifikasi ...