Home > Berita Liga Inggris > Liverpool > Selama Menjadi Pelatih, Inilah 5 Kekalahan Memalukan Yang Pernah Dialami Klopp

Selama Menjadi Pelatih, Inilah 5 Kekalahan Memalukan Yang Pernah Dialami Klopp

Jurgen Klopp merupakan salah satu manajer yang cukup sukses di dunia sepak bola. Ia berhasil mengantarkan Liverpool memenangkan Liga Champions dan kemudian gelar Premier League. Memulai Premier League 2020-2021 dengan start impresif hattrick kemenangan atas Leeds United, Chelsea, dan Arsenal, pertandingan tandang ke ke Villa Park untuk menghadapi Aston Villa dipandang sebagai tantangan yang relatif mudah bagi Jurgen Klopp dan anak buahnya.

Walaupun pada pertandingan ini mereka kehilangan penyerang sayap, Sadio Mane dan kiper utama, Alisson Becker. Tapi, yang terjadi selanjutnya bak sebuah mimpi buruk. Aston Villa membantai Liverpool dengan skor 7-2 yang menjadi kekalahan terbesar The Reds dalam sejarah Liga Inggris. Hasil negatif ini menjadi salah satu kekalahan terberat Jurgen Klopp sepanjang karier manajerialnya.

Saingan berat Manchester United kalah 1-6 dari Tottenham Hotspur pada hari sebelumnya, tapi hasil Liverpool melawan Aston Villa menutupi kejadian di Old Trafford.

Sepanjang kariernya Jurgen Klopp beberapa kali menderita kekalahan telak, pada pertandingan apa saja hal buruk itu terjadi?

SV Waldhof Mannheim Vs Mainz 4-0

Jurgen Klopp ditunjuk sebagai manajer klub divisi dua Jerman, Mainz pada Februari 2001 di mana ia kemudian dalam waktu kilat menjadi sosok favorit para penggemar. Tapi, pada Juni tahun itu, Mainz dikalahkan 0-4 oleh SV Waldhof Mannheim.

Gol di babak pertama dari Lamine Cisse kemudian diikuti oleh tiga gol di babak kedua saat dua gol dari pemain internasional Hongaria Laszlo Klausz dan satu gol dari pemain Jerman Hajrudin Catic memastikan kesepakatan untuk Mannheim.

Jurgen Klopp kemudian mencapai promosi dengan Mainz pada tahun 2004, menikmati kesuksesan di papan atas sepak bola Jerman selama tiga musim sebelum Mainz terdegradasi. Klopp kemudian meninggalkan klub pada 2008.

Borussia Dortmund Vs Bayern Munich 1-5

Setelah meninggalkan Mainz pada 2008, JUrgen Klopp menjadi pelatih klub raksasa Bundesliga Borussia Dortmund. Pada tahun 2009, pertemuan Der Klassiker antara Dortmund melawan Bayern Munchen mengakibatkan penderitaan besar bagi pasukan asuhan Klopp.

Bek tengah Mats Hummels mencetak gol lebih awal untuk Dortmund sebelum Bayern Munchen membangun dominasinya dalam permainan dengan cara yang kejam.

Dua gol dari penyerang muda Jerman Thomas Muller dan rentetan gol striker Mario Gomez, pemain Bastian Schweinsteiger dan penyerang sayap Prancis Franck Ribery memastikan kemenangan yang menyakinkan bagi raksasa Bavaria.

Manchester City Vs Liverpool 5-0

Liverpool asuhan Jurgen Klopp mulai membuktikan diri sebagai ancaman nyata di pentas Premier League, tapi progres mereka terhenti oleh kekalahan 0-5 melawan Manchester City pada 2017. Pemain sayap Senegal Sadio Mane dikeluarkan dari lapangan pada babak pertama karena menendang kiper Manchester City, Ederson yang kemudian diganti karena cedera.

Pasukan Pep Guardiola mengalami kekacauan bahkan saat Jurgen Klopp menarik penyerang . . . . . . kunci Mohamed Salah untuk menggantikan pemain Alex Oxlade-Chamberlain.

Brace dari penyerang muda Brasil Gabriel Jesus dan pemain internasional Jerman Leroy Sane serta gol dari striker veteran Sergio Aguero menunjukkan kekuatan dan kedalaman Manchester City saat mereka merebut gelar Liga Inggris musim itu.

Mainz Vs Werder Bremen 1-6

Mainz berlaga di Bundesliga pada tahun 2006 tapi menjalani perjuangan berat untuk bisa bertahan di kasta elite. Mereka tersudut di urutan ke-17 saat mereka menghadapi Werder Bremen pada bulan Oktober. Mereka kebobolan enam gol di kandang dalam pertandingan itu.

Werder Bremen, yang memiliki skuat yang bagus musim itu dengan bek tengah seperti Naldo, pemain internasional Jerman Miroslav Klose, bek tengah muda, Per Mertesacker, dan gelandang Tim Borowski, finis di urutan ketiga di Bundesliga musim itu. Bremen menikmati dominasi penuh atas Mainz asuhan Jurgen Klopp, dengan Klose membuka skor pada menit ke-14.

Pemain Jerman Aaron Hunt kemudian menggandakan keunggulan saat Klose dan Hunt masing-masing mencetak dua gol dalam pertandingan itu. Mimoum Azaouagh mencetak gol dari tendangan bebas langsung untuk Mainz, tapi Naldo dan pemain Diego memastikan anak buah Jurgen Klopp mengalami kekalahan telak.

Aston Villa Vs Liverpool 7-2

Penggemar Liga Inggris dibuat shock berat saat Manchester United kalah 1-6 dari Tottenham Hotspur di di Old Trafford, tapi selang beberapa jam kemudian Liverpool mengikuti jejak yang sama dengan rival abadinya itu. Juara bertahan Premier League asuhan Jurgen Klopp datang sebagai favorit ke markas Aston Villa Villa Park.

Pada pertandingan ini The Reds tidak bisa memainkan, Sadio Mane, Thiago Alcantara, dan Alisson Becker. Tidak menjadi sebuah persoalan karena Liverpool punya kedalaman skuat. Tapi siapa sangka, Liverpool dihajar dengan skor telak oleh tim tuan rumah

Penyerang baru mereka Ollie Watkins yang didatangkan dengan mahar 28 juta poundsterling, mencetak hattrick, kapten Jack Grealish mencetak dua gol, dan pemain John McGinn dan Ross Barkley masing-masing mencetak sebiji gol saat menghantam Liverpool dengan skor 7-2. Mohamed Salah mencetak dua gol untuk Liverpool, tapi tidak terasa menghibur.

Hasil akhir tetap terasa menjadi sebuah aib bagi The Reds. Kiper Adrian dipandang sebagai biang keladi kekalahan telak. Tapi pertahanan Liverpool jelas tidak dalam kondisi terbaiknya. Jurgen Klopp pun mengalami kekalahan terburuk dalam karier.

x

Check Also

Legenda Liverpool Sebut Sikap Romelu Lukaku Bisa Merusak Skuad Chelsea

Liverpool – Legenda Liverpool, Graeme Souness, menyebutkan bahwa sikap yang ditunjukkan Romelu Lukaku bisa merusak ...