Home > Berita Transfer Pemain > Bursa Transfer > Real Madrid Sengaja Irit Belanja Pemain Demi Bisa Boyong Mbappe dan Haaland

Real Madrid Sengaja Irit Belanja Pemain Demi Bisa Boyong Mbappe dan Haaland

Sebuah rencana besar sedang dipersiapkan oleh manajemen Real Madrid. Tidak tanggung-tanggung, Los Blancos kabarnya akan melakukan ‘pemilu’ atau pemilihan internal di jajaran manajemen untuk menemukan sosok megabintang yang baru di tahun 2021, dengan Kylian Mbappe dan Erling Haaland adalah calonnya.

Hal ini tentunya berkaitan dengan aksi Real Madrid yang memutuskan untuk tidak mendatangkan satu pemain pun di bursa transfer musim panas 2020 lalu. Padahal, rival abadi Barcelona ini sebelumnya dikenal dengan klub yang suka menghamburkan uangnya dalam berbelanja pemain.

Tercatat, hanya Martin Odegaard dan Alvaro Odriozola saja ‘pemain baru’ mereka di bursa transfer musim panas kemarin. Itu pun tidak masuk hitungan belanja pemain karena mereka hanya pulang setelah masa peminjaman dari Real Sociedad dan Bayern Munchen. Padahal, rival-rival mereka di LaLiga musim ini cukup aktif merekrut pemain walau di tengah kondisi krisis. Barcelona misalnya, yang mendatangkan Miralem Pjanic dan Sergino Dest.

Atau Sevilla dengan Ivan Rakitic dan Atletico Madrid yang membawa Luis Suarez serta Lucas Torreira. Semua peserta LaLiga, kecuali Real Madrid, membeli pemain anyar. Dilansir dari Evening Standard, ini adalah kali pertama dalam 40 tahun Real Madrid menjalani musim baru tanpa pemain anyar. Terakhir kali mereka puasa pemain baru adalah tahun 1980 saat mereka hanya mempromosikan tiga pemain junior dan memulangkan satu pemain pinjaman.

Tapi ternyata, terdapat maksud terselubung di balik itu semua. Dua media olahraga cukup ternama di Spanyol, yaitu Marca dan AS, mengabarkan kalau puasanya Real Madrid di bursa transfer musim panas kemarin adalah bagian dari strategi menabung untuk sosok megabintang yang baru di tahun 2021.

Dan sosok megabintang itu mengerucut menjadi dua nama. Mereka adalah Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain, dan Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Lagi-lagi, sosok mesin gol yang mereka cari untuk menjadi ikon baru Real Madrid. Dua nama di atas, baik Mbappe dan Haaland memang dikenal tajam saat berada di kotak penalti lawan.

Tapi, Los Blancos diyakini hanya akan mendatangkan satu pemain saja mengingat harga keduanya yang melambung tinggi seiring dengan popularitas mereka di klub masing-masing. Oleh karenanya, manajemen Real Madrid kabarnya akan melakukan pertemuan internal bersama dengan staf kepelatihan, termasuk Zinedine Zidane, untuk menentukan siapa yang akan mereka bawa nantinya.

Dalam hal ini, SATUPEDIA mencoba untuk menjabarkan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing individu, baik Mbappe maupun Haaland untuk Real Madrid nantinya.

Kylian Mbappe vs Erling Haaland

Kylian Mbappe. Sudah tidak asing lagi saat mendengar namanya di setiap berita bursa transfer. Semenjak bersinar di AS Monaco dan semakin gacor di Paris Saint-Germain, remaja berusia 21 tahun ini sering dihubung-hubungkan untuk pergi dari Ligue 1 Prancis suatu saat nanti.

Manchester City, Liverpool, Manchester United, Barcelona, sampai Real Madrid adalah beberapa klub yang sering disandingkan olehnya. Terlebih nama terakhir, yang kabarnya paling memungkinkan untuk mendatangkan striker sayap kelahiran Paris satu ini. Menyukai Cristiano Ronaldo sejak kecil, pernah mendatangi tempat latihan Real Madrid, serta memiliki hubungan yang baik dengan sosok legenda Prancis, Zinedine Zidane, . . . . . . menjadi alasan utama Mbappe akan berlabuh di Santiago Bernabeu, cepat atau lambat.

Tapi belakangan muncul sosok ‘monster’ baru bernama Erling Braut Haaland. Sama-sama masih belia, yaitu 20 tahun, Haaland dikenal sebagai sosok yang buas dengan eksploitasi di lini pertahanan lawan. Instingnya dalam mencetak gol sudah tidak perlu diragukan lagi. Dirinya menjadi mesin gol bersama Dortmund di musim lalu. 23 kali membela Dortmund, Haaland sudah mencetak 21 gol dan lima assists.

Secara harga, Haaland tercatat lebih murah dibandingkan dengan Mbappe. Transfermarkt menilai harga mantan RB Salzburg ini senilai 80 juta euro, atau setara Rp1,3 triliun. Beda halnya dengan Mbappe yang dinilai memiliki harga mencapai 180 juta euro, atau setara Rp3,1 triliun. Lebih mahal dua kali lipat dibandingkan dengan Haaland.

Marca mengabarkan kalau Real Madrid membutuhkan sosok striker yang ganas di lini depan, dan Haaland bisa menjadi jawabannya. Dirinya adalah sosok striker bernomor 9, dan diprediksi tidak akan mengalami kesulitan di Los Blancos karena koneksinya dengan Martin Odegaard.

Tapi, Haaland belum teruji sepenuhnya. Dirinya sejauh ini baru membela dua klub dari Bundesliga Jerman dan Liga Austria, yaitu Borussia Dortmund dan RB Salzburg saja. Ketenarannya bersama Dortmund juga baru tahun ini mencuat setelah datang di bursa transfer musim dingin pada Januari 2020 lalu.

Pengalaman Real Madrid dengan bintang dari Bundesliga Jerman tidaklah memuaskan. Kita bisa lihat pada diri Luka Jovic, yang membuahkan 36 gol serta sembilan assists dari 75 pertandingan bersama Eintracht Frankfurt tapi melempem di skuat Zinedine Zidane. Sejak datang ke Santiago Bernabeu, dirinya hanya mencetak dua gol dan dua assists dari 29 pertandingan. Hal inilah yang membuat Karim Benzema lagi-lagi menjadi striker andalan Real Madrid di usianya yang sudah tidak lagi muda.

Sementara Mbappe adalah penyerang sayap kiri, mirip Ronaldo, yang memiliki energi lebih di atas rata-rata. Usianya yang muda disertai dengan talenta yang hebat membuatnya dinilai sebagai sosok yang paling komplit untuk menjadi megabintang baru Real Madrid. Apalagi raihan prestasinya selama ini yang jauh melebihi Haaland. Berhasil menjadi kunci keberhasilan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 lalu membuat namanya semakin melambung tinggi.

Dan sekarang, Real Madrid pun dihadapkan oleh dua pilihan yang sulit. Mendatangkan Haaland memiliki resiko tinggi, dengan belum terjaminnya kualitas bermain di beda kasta kompetisi liga serta berkaca dari transfer Luka Jovic sebelumnya. Sementara mendatangkan Kylian Mbappe, Real Madrid diharuskan menyiapkan dana yang tinggi untuknya. Belum lagi posisi Vinicius Junior yang mulai nyetel dengan skema anak asuh Zidane.

Erling Haaland atau Kylian Mbappe di tahun 2021? Real Madrid, tentukan pilihanmu segera.

 

x

Check Also

Griezmann

Tinggal Tunggu Sinyal Griezmann, Chelsea Sudah Siap Gerak

Chelsea dikabarkan berada di posisi terdepan dalam pemburuan Antoine Griezmann dari Barcelona. Situasinya sulit, tapi ...