Home > Berita Bola > Prestasi Timnas Futsal Indonesia Lebih Mentereng Dibanding Timnas Sepakbola

Prestasi Timnas Futsal Indonesia Lebih Mentereng Dibanding Timnas Sepakbola

Dalam hal teknik, permainan sepak bola dan futsal tidak lah terlalu jauh berbeda. Soal basic, pemain sepak bola pastilah bisa bermain futsal, begitu pun sebaliknya. Menurut KBBI, pengertian keduanya pun hampir sama, perbedaannya hanya pada lapangan jalannya pertandingan. Kalau sepak bola dilakukan di tempat yang lebih besar, futsal justru berlangsung di tempat yang lebih kecil.

Tapi dalam perjalanannya, beberapa negara mempunyai prestasi yang berbeda soal peringkat dunia dari kedua cabang olah raga itu, termasuk Indonesia. Bahkan untuk Indonesia, peringkat keduanya sangatlah timpang. Kalau timnas futsal Indonesia berada di peringkat ke-50 dunia, timnas sepak bola Indonesia berada di peringkat ke-173.

Saat ini timnas futsal Indonesia memang cukup disegani oleh beberapa negara dunia. Bahkan menurut pelatih Iran, Hamid Moghadam pada 2019 lalu mengatakan kalau timnas futsal Indonesia lebih ditakuti dibandingkan Jepang.

“Akan sulit untuk memotivasi tim saya sekarang, dan saya khawatir para pemain saya tidak akan pulih secara emosional karena kekalahan dari Jepang,” seperti dikutip dari laman resmi AFC.

“Melawan Indonesia akan jadi pertandingan yang lebih sulit dibandingkan dengan semifinal. Dari partisipasi Piala Asia Futsal, timnas futsal Indonesia memang lebih sering berpartisipasi daripada tidaknya,” katanya.

Berbeda dengan timnas sepak bola Indonesia yang selalu sulit untuk tembus ke Piala Asia. Sejak 18 . . . . . . tahun lalu, Indonesia hanya tiga kali absen di Piala Asia futsal. Memang sedikit berbeda, sejak pertandingan pertamanya tahun 2002-2008, Piala Asia disenggarakan setiap tahun. Baru setelah itu Piala Asia futsal dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Yang terbaru, Indonesia nantinya akan bertanding di ajang itu pada tahun depan.

Seharusnya Piala Asia futsal atau disebut juga AFC futsal Championship dilangsungkan pada bulan Maret lalu. Hanya karena adanya pandemi COVID-19, jadi ajang itu harus diundur hingga Desember mendatang. Tapi lagi-lagi karena keadaan saat ini masih belum menentu, sampai akhirnya AFC menunda kembali ajang itu hingga tahun depan.

Kalau dilaksanakan sesuai rencana awal, AFC Futsal Championship saat ini sudah selesai karena dilangsungkan pada 26 Februari – 8 Maret di Turkmenistan. Karena pandemi COVID-19 pula akhirnya Turkmenistan mengundurkan diri menjadi tuan rumah dan digantikan oleh Kuwait.

x

Check Also

Chelsea Boyong Penghargaan Pelatih Terbaik Pria Dan Wanita Di Ajang The Best FIFA Football Awards 2021

London – Dalam acara The Best FIFA Football Awards 2021 yang digelar pada Selasa (18/1/2022) ...