Home > Berita Liga Indonesia > Shopee Liga 1 2020 > Pengamat Menilai PSSI dan PT LIB Rugikan Klub Jika Kompetisi Belum Jelas

Pengamat Menilai PSSI dan PT LIB Rugikan Klub Jika Kompetisi Belum Jelas

Jakarta – Hingga saat ini masih belum ada kejelasan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator terkait kepastian kapan Liga 1 2020 dapat dilanjutkan kembali.

Dalam manager meeting yang dihadiri oleh PSSI, PT LIB dan 18 klub peserta liga, di Yogyakarta pada 13 Oktober lalu menyepakati bahwa kompetisi akan dilanjutkan pada 1 November 2020.

Namun sepertinya rencana tersebut akan sulit dilaksanakan karena pihak Polri masih enggan untuk memberikan izin keramaian dengan pertimbangan masih tingginya angka penularan Covid-19 di Tanah Air, ditambah pula akan digelar Pilkada serentak di beberapa wilayah di Indonesia pada 9 Desember mendatang.

Bila hal itu terjadi, PSSI masih memiliki opsi untuk menggelar lanjutan kompetisi pada Januari tahun depan.

Terkait hal ini, pengamat sepak bola nasional, Tommy Welly, menilai berlarut-larutnya ketidakpastian kelanjutan kompetisi akan berdampak buruk pada kondisi finansial klub.

Pria yang lebih akrab disapa Bung Towel ini menyarankan agar kompetisi dihentikan saja kalau memang perizinan tidak bisa didapatkan.

“Jika ini sebuah keputusan yang kaku dari kepolisian, seharusnya jangan berlarut-larut seperti ini,” kata Bung Towel, Kamis (15/10/2020).

“Sebab, untuk menghindari kerugian, meminimalisir kerugian yang dialami klub, seharusnya posisi PSSI dan PT . . . . . . LIB memproteksi klub-klub,” sambungnya.

“Jangan dibiarkan ngambang dan tidak pasti. Kalau sekarang digantung dengan ketidakpastian digelar 1 November, Desember, atau Januari. Bagaimana, klub mengambil langkah kontrak dengan pemain dan pelatih,” tanyanya.

“Itu semua berdampak ke biaya klub. Nah ini saya bilang PSSI tidak cakap karena hakikatnya PSSI sebagai induk harus proteksi klub-klub,” tegasnya.

Sebelumnya, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menjelaskan bahwa masih ada harapan untuk kelanjutan Liga 1 2020 digelar pada akhir tahun ini, atau pada Januari tahun depan.

“Jika itu belum diizinkan, karena alasan izin keramaian terkait Pilkada 2020, PSSI akan mencoba memulai pada 1 Januari,” kata Yunus Nusi.

“Mudah-mudahan aspirasi klub agar kompetisi kembali digelar bisa menjadi kenyataaan,” lanjut Yunus.

“Intinya, kompetisi lanjutan 2020 ini akan diteruskan apakah mulai November, Desember, atau Januari 2021,” jelas Yunus.

x

Check Also

Di Antara Negara ASEAN, Hanya Indonesia Yang Kompetisi Sepakbolanya Terhenti

Jakarta – Setelah PSSI memutuskan untuk menunda lanjutan Liga 1 2020 hingga awal tahun depan, ...