Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Pemain Keturunan Harus Lewati Tahapan Ini Untuk Bisa Perkuat Timnas U-19 Indonesia

Pemain Keturunan Harus Lewati Tahapan Ini Untuk Bisa Perkuat Timnas U-19 Indonesia

Jakarta – Selama Timnas U-19 Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia sejak 30 Agustus lalu hingga kembali ke Tanah Air pada 27 Oktober 2020, setidaknya sudah ada empat pemain keturunan yang ikut bergabung bersama Timnas U-19 Indonesia.

Empat nama pemain keturunan tersebut yakni Elkan Baggott, Jack Brown, Kelana Noah Mahessa, dan Luah Fynn Mahessa.

PSSI memang membuka kesempatan bagi pemain keturunan yang mau bergabung memperkuat Timnas U-19 Indonesia menjelang ajang Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Meski membuka pintu selebar-lebarnya namun PSSI tetap melakukan seleksi dengan ketat, terutama dalam hal kelegalan mereka.

Menurut keterangan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, setidaknya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan PSSI untuk memastikan pemain tersebut layak membela Timnas U-19 Indonesia.

“Bagaimana cara melihatnya? Satu kita lihat CV. Lalu kita lempar ke bagian legal PSSI. Apakah secara undang-undang itu oke atau secara statuta FIFA . . . . . . memungkinkan. Setelah itu kalau memungkinkan, kita lihat video dan diskusi dengan coach Shin Tae-yong,” jelas Indra Sjafri.

“Sudah muncul beberapa nama dan kami lempar ke Pak Ketum PSSI (Mochmad Iriawan), dan dia memberikan sinyal silakan melakukan pendekatan,” sambung Indra.

Meskipun demikian, Indra menegaskan bahwa keputusan akhir tetap berada di tangan pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong.

“Secara kualitas, biar coach Shin Tae-yong yang menjelaskan. Apakah terpilih atau tidak biar beliau,” pungkas Indra.

x

Check Also

Shin Tae-yong Baru Hentikan Latihan Bila Tenaga Pemain Sudah Habis

Jakarta – Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, memang dikenal disipilin dan keras saat melatih. ...