Home > Berita Liga Indonesia > Pemain Bintang Persija Ini Dulu Pakai Sepatu Harga Rp 67 Ribu

Pemain Bintang Persija Ini Dulu Pakai Sepatu Harga Rp 67 Ribu

Prediksi Bola

Riko Simanjuntak Bantah Rumor Internal Persija Bermasalah

Bagi para pencinta sepak bola nasional, mungkin tidak asing mendengar nama pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak. Di Persija Jakarta, Riko Simanjuntak merupakan salah satu amunisi yang sulit tergantikan sejak kehadirannya. Manajemen Persija Jakarta berhasil mendatangkan Riko Simanjuntak pada bursa transfer jelang putaran pertama Liga 1 2018. Persija berhasil mendapatkan Riko dari Semen Padang yang saat musim 2017 harus terdegradasi ke Liga 2.

Pada musim perdananya (2018), pemain yang berjuluk Si Kancil itu langsung membantu Persija Jakarta meraih trable winners atau tiga gelar dalam satu musim. Tiga gelar itu yaitu Piala Presiden 2018, Boost Sports Super Fix Cup 2018, dan Liga 1 2018. Sampai sekarang Riko Simanjuntak pun masih menjadi andalan Persija Jakarta saat menjalani pertandingan. Dilansir dari Transfermarkt, Riko telah menyumbangkan 40 assist dan empat gol selama berkostum Persija. T

idak hanya diandalkan di Persija Jakarta, pemain berusia 28 tahun itu juga menjadi pesepak bola yang juga berlabel timnas Indonesia. Uniknya, Riko Simanjuntak baru mendapatkan kesempatan di timnas Indonesia itu saat dirinya berseragam Persija. Riko menjalani penampilan perdana bersama timnas Indonesia era Luis Milla tepatnya saat skuat Garuda kalah atas timnas U-23 Thailand dalam pertandingan uji coba yang berakhir dengan skor 1-2, 31 Mei 2018. Sementara itu, turnamen resmi yang dijalani Si Kancil bersama timnas Indonesia terjadi pada Piala AFF 2018.

Sayangnya dalam turnamen itu, timnas Indonesia tidak lolos pada babak penyisihan Piala AFF 2018 grup B. Walaupun begitu, penampilan Riko Simanjuntak pada Piala AFF 2018 mampu membawanya berhasil masuk dalam nominasi sebagai Best Starting Eleven pada AFF Awards 2019. Tampil gemilang bersama Persija Jakarta dan timnas Indonesia, siapa sangka Riko memiliki kisah inspiratif.

Walaupun sekarang menjadi salah satu pemain top di Indonesia, ternyata winger Persija itu dahulu memiliki sepatu pertamanya yang tidak terlalu mewah. Riko Simanjuntak mempunyai sepatu pertamanya dengan harga 67 ribu rupiah. Saat awal-awal mengenal sepak bola, Riko sering bermain bola dengan teman-temannya di lapangan Horbo, Pematang Siantar, Sumatera Utara.  Tapi Riko Simanjuntak belum memiliki sepatu dan ia awalnya tidak berani untuk meminta ke orang tuanya agar dibelikan sepatu. Jadi, Riko pun menggunakan sepatu kakaknya, walaupun ukurannya kebesaran.

“Saya pakai sepatu kakak saya, saya kasih kaos kaki di dalam sepatunya agar bisa dipakai,” kata Riko Simanjuntak seperti dilansir dari YouTube Persija, 29 Oktober 2020.

“Dari situ saya senang, walaupun saya tidak punya duit untuk membeli sepatu sendiri dan minta orang tua juga susah. Jadi, pakai yang adanya aja” kata Riko.

Karena sering bermain bola dengan rekan-rekannya, Riko pun memberanikan diri untuk berbicara kepada ibunya demi dibelikan sebuah sepatu bola. Riko Simanjuntak cukup berhati-hati untuk mengutarakan permintaan itu karena memahami kondisi keluarga.

“Terus saya berbicara kepada mama saya: ‘Ma, kalau ada duit saya mau dibelikan sepatu bola’,” kata Riko Simanjuntak.

“Mama saya jawab : ‘Mungkin saat ini belum bisa. Nanti kalau mama punya duit, nanti mama belikan’,” kata Riko.

Tiga bulan kemudian, Riko Simanjuntak diajak oleh ibunya ke pasar yang bernama Pajak Parluasan, Siantar, Sumatera Utara, untuk beli sepatu. Dikisahkan oleh Riko, Pajak Parluasan terkenal dengan sepatu-sepatu bekas. Dan akhirnya di sana, mantan pemain Semen Padang itu mendapatkan sepatu pertamanya seharga 67 ribu rupiah.

“Mama saya ngajak saya ke sana (Pajak Parluasan). Terus saya di suruh memilih sepatu dan akhirnya menemukan yang cocok dengan saya,” kata Riko Simanjuntak.

“Lalu saya kasih ke mama, karena mama yang tawar-menawar dengan si pendagang,” kata Riko.

“Dan waktu itu deal di harga kurang lebih 67 ribu gitu lah. Dari situ awalnya saya gelutin sepak bola ini,” kata pemain timnas Indonesia itu.

x

Check Also

PSIS Tak Ingin Terburu-buru Persiapkan Tim Jelang Kelanjutan Liga 1

Manajemen PSIS Semarang mengaku tidak akan terburu-buru dalam mempersiapkan tim jelang dilanjutkannya kompetisi Liga 1 ...