Home > Berita Liga Spanyol > Pandemi Corona, Barcelona Alami Kerugian €97 Juta

Pandemi Corona, Barcelona Alami Kerugian €97 Juta

Barcelona mengumumkan kerugian sebesar €97 juta (£88 juta/$114 juta) untuk tahun ekonomi 2019/20 dan menyalahkan pandemik virus corona untuk penurunan pendapatan sebesar €203 juta (£184 juta/$239 juta). Klub asal Catalan itu menyelesaikan tahun dengan pendapatan €855 juta (£775 juta/$1 milyar), yang menurut mereka bisa saja memecahkan rekor €1 milyar (£950 juta/$1,25 milyar) jika tidak ada wabah Covid-19.

Azulgrana menurunkan pengeluaran mereka sebesar €74 juta (£67 juta/$87 juta), tapi masih menderita kerugian yang signifikan, meski ada perpanjangan musim setelah 30 Juni yang berarti bahwa keuntungan dan kerugian akhir musim dipindahkan ke tahun keuangan 2020/21. Menurut pengakuan klub, akan ada keuntungan daripada kerugian sebesar €97 juta kalau bukan karena pandemik.

“FC Barcelona belum kebal terhadap wabah Covid-19, tapi konsekuensinya berdampak besar pada seluruh industri sepakbola,” demikian sebuah pernyataan klub.

“Ada kerugian pendapatan yang meluas di antara semua klub di semua liga utama karena pembatasan yang harus diterapkan untuk mengekang penyebaran penyakit, termasuk kompetisi pertamanya ditangguhkan dan kemudian dilanjutkan tapi dengan pertandingan dimainkan secara tertutup.”

“ECA [Asosiasi Klub Eropa] sudah memperkirakan kerugian keseluruhan €4 milyar (£3,6 milyar/$4,7 . . . . . . milyar) dan Barca, sebagai salah satu klub terbesar di Eropa dan dengan diversifikasi pendapatan yang begitu luas, adalah salah satu yang paling terdampak.”

“Klub menderita secara finansial dari konsekuensi pertandingan yang dimainkan secara tertutup, serta pembatalan bola basket Euroleague, dan karenanya ada kerugian yang cukup besar dari pendapatan.”

“Kurangnya turis dan pengujung ke kota Barcelona akibat pengurangan dan pembatasan yang diterapkan pada pariwisata internasional berarti jauh lebih sedikit pengujung yang datang ke tempat-tempat di Barca, sehingga ada kerugian besar dalam hal-hal area seperti para pengunjung ke Camp Nou Experience dan penjualan produk di toko resmi.”

Untuk sementara, Barcelona memperkirakan pendapatan €791 juta (£717 juta/$932 juta) untuk tahun keuangan 2020/21.

x

Check Also

Laga Berlangsung Sengit Atletico Madrid Berhasil Menang Tipis 1-0 Atas Osasuna

Madrid – Pada pekan ke-14 La Liga 2021/22, Atletico Madrid berhasil menaklukan Osasuna 1-0 pada ...