Home > Berita Liga Indonesia > Persib Bandung > Mantan Pemain Persib Berkarir di Eropa Sebagai Asisten Pelatih

Mantan Pemain Persib Berkarir di Eropa Sebagai Asisten Pelatih

Bandung – Mantan pemain Persib Bandung pada Liga 1 2017, Michael Essien, kini memilih berkarier di Eropa sebagai asisten pelatih.

Usai tampil reguler dan menyumbang lima gol bagi Persib Bandung di Liga 1 2017, Essien kemudian pindah memperkuat klub Azerbaijan, FK Sabail.

Ia mulai berseragam FK Sabail sejak Maret 2019, dan pada September 2020 Essien mengambil carreer break dan memilih bergabung bersama klub Denmark Superliga, FC Nordjaelland.

Di FC Nordjaelland, Essien tidak bergabung sebagai pemain, namun bertugas menjadi asisten pelatih.

Sebelumnya, Essien mendapatkan lencana kepelatihan saat membantu melatih akademi Chelsea.

“Ketika saya masih seorang pemain, saya mengatakan saya tidak berpikir saya akan pernah menjadi pelatih tetapi suatu hari segalanya berubah,” kata Essien.

“Cinta sederhana dari permainan membuat saya ingin melakukannya. Rasanya seperti mengklik jari ketika saya membuat keputusan untuk mulai melakukan lencana kepelatihan saya dan saya baru saja menyelesaikan Lisensi B saya,” jelasnya.

Pengalamannya sebagai pemain di beberapa klub besar juga memberinya kesempatan untuk dilatih sejumlah pelatih terkenal dunia, seperti Carlo Ancelotti hingga Jose Mourinho.

Essien juga mengaku mengambil sedikit pengalaman dari beberapa pelatih yang pernah melatihnya.

“Saya telah bermain di bawah banyak manajer hebat. Saya bermain di bawah Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, Paul Le Guen di Lyon dan Fred Antonetti di klub pertama saya Bastia,” ucap Essien.

“Semua manajer ini memiliki cara mereka sendiri dalam menangani para pemain dan tim. Saya mengambil sedikit dari masing-masing,” ungkapnya.

“Itu membawa kembali kenangan, ketika saya melihat situasi dengan para pemain, maka itu mengingatkan saya pada masa lalu saya. Ini telah dimulai dengan baik tetapi jalan masih panjang dan saya ingin belajar, memberikan 110 persen ke dalamnya dan mengambilnya dari sana,” sambungnya.

x

Check Also

Persib Belum Tahu Kapan Bakal Kumpulkan Tim Lagi

Bandung – Persib Bandung rencananya akan berlatih kembali pada Senin (2/11/2020) besok. Namun karena ada ...