Home > Liga 1 > Liga 1 2020 Disarankan Untuk Tidak Berhenti di Tengah Jalan

Liga 1 2020 Disarankan Untuk Tidak Berhenti di Tengah Jalan

Direktur Program dan Produksi EMTEK Group, Harsiwi Achmad, mengatakan ia tidak masalah terkait ditundanya Liga 1 2020. Menurutnya, ini merupakan keputusan yang tepat dari PSSI setelah tidak mendapatkan izin keramaian dari Polri.

Masih tingginya pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi alasan utama Polri tidak memberikan izin keramaian kepada PSSI untuk mengadakan Liga 1 dan Liga 2 2020.

Menurut Harsiwi, izin pertandingan dari Polri itu sangat penting. Polri tidak memberikan izin keramaian disaat H-3 sebelum kick off Liga 1 2020 diadakan. Padahal PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mempunyai buku panduan protokol kesehatan yang ketat serta seluruh pertandingan digelar tanpa penonton.

“Walaupun kurang nyaman karena terlalu mendadak tapi penundaan ini bisa kami pahami,” kata Harsiwi kepada wartawan.

Menurut Harsiwi, lebih baik ditunda daripada di tengah jalan Liga 1 2020 dihentikan. Karena, banyak kerugian yang akan dirasakan EMTEK Group selaku pemegang hak siar Liga 1 2020.

“Saya yakin masalah tidak diberikannya izin ini pasti terdapat pertimbangan yang jauh lebih penting dan lebih besar,” kata Harsiwi.

Harsiwi melanjutkan, sejauh ini tidak ada kerugian yang dirasakan pihaknya. Karena, belum ada pertandingan Liga 1 2020 yang disiarkan secara langsung di Indosiar, SCTV, dan O . . . Gabung . . . Channel.

“Secara materil belum ada kerugian karena ini kan belum tayang.”

“Sedangkan secara potensi, revenue juga tinggal digeser ke bulan nanti ada pertandingan Liga 1 2020,” kata Harsiwi.

Ada dua harapan yang diutarakan Harsiwi kepada PSSI terkait Liga 1 2020. Pertama ia mengatakan PSSI harus mendapatkan kejelasan dari Polri bisa atau tidak Liga 1 2020 digelar. Kedua, ia juga tetap bertahan apabila dilanjutkan, kompetisi harus tetap mengutamakan faktor kesehatan dan kepentingan masyarakat.

“Jadi penundaan itu wajar dan bisa dimengerti.

“Kalau pertandingan diundur, maka endingnya juga harus diundur sehingga penayangan bisa maksimal,” kata Harsiwi.

PSSI berharap penundaan Liga 1 dan Liga 2 2020 hanya berlangsung satu bulan saja. Federasi sepak bola Indonesia itu ingin Liga 1 dan Liga 2 2020 dilanjutkan kembali pada November mendatang.

x

Check Also

Pemain Asal Aceh Kecewa Dengan Ketidakjelasan Liga 1 2020

Andri Muliadi, mantan pemain Persebaya Surabaya, memutuskan pulang kampung setelah klubnya, Borneo FC diliburkan. Pemain ...