Home > Berita Liga Inggris > Klopp Ungkap Alasan Mulai Tinggalkan Skema 4-3-3

Klopp Ungkap Alasan Mulai Tinggalkan Skema 4-3-3

Jurgen Klopp melakukan sedikit perubahan dalam formasi Liverpool saat menghadapi Sheffield United di ajang Premier League, Minggu (25/10/2020). Ia menanggalkan formasi 4-3-3 yang membawa the Reds menjadi juara musim lalu. Formasi 4-3-3 itu sendiri sudah melekat cukup lama.

Bahkan tiga penyerangnya, yang terdiri dari Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino sampai nyaris tidak tergantikan walau Liverpool masih punya penyerang hebat lainnya. Tapi, Klopp memberikan kejutan saat bertemu Sheffield di Anfield pada dinihari tadi. Tidak ada lagi formasi 4-3-3, tapi 4-2-3-1 di mana Diogo Jota, Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah dimainkan berbarengan.

Hasilnya terbilang cukup baik. Liverpool berhasil meraih tiga poin walaupun sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Sander Berge di menit ke-13. Untungnya Roberto Firmino dan Diogo Jota berhasil membalikkan kedudukan. Perubahan formasi ini meninggalkan banyak pertanyaan di benak publik, terutama fans Liverpool yang sudah melihat tim kesayangannya berjaya dengan formasi 4-3-3. Setelah pertandingan, Klopp memberikan penjelasannya.

“Tidak banyak perubahan bagi kami. Hanya pada beberapa momen saja. Dari segi penyerangan, formasi ini memberikan kami tambahan opsi,” kata Klopp seperti yang dikutip dari Liverpool Echo.

Kejutan Klopp lainnya adalah memainkan Mo Salah di posisi striker tunggal. Padahal sebelum ini, pemain asal Mesir itu dikenal sebagai sosok ‘inside forward’ yang sering melakukan tusukan dari sisi sayap ke kotak penalti lawan.

“Kami menaruh Mo di posisi . . . . . . yang berbeda dan dia bermain dengan luar biasa. Mo dan Sadio tidak mencetak gol, tapi tampil luar biasa. Mo bermain dengan sensasional di antara lini, dan dua anak lainnya mencetak gol,” katanya.

Ada satu lagi kejutan dari Klopp. Tapi untuk kali ini tidak berkaitan dengan formasi. Melainkan tentang Alisson Becker yang sempat mengalami cedera. Sewaktu cedera, Alisson disebutkan harus menepi dari lapangan selama enam pekan. Tapi, ia sembuh lebih dulu dari perkiraan dan telah mengikuti sesi latihan bersama tim pada pekan ini.

“Adrian bermain dengan sangat baik, tapi kembalinya Ali adalah sebuah hal yang cukup besar, dorongan yang besar buat kami semua. Hampir tiga pekan dia absen, dan rasanya kami telah melewati 15 pertandingan!” katanya.

“Saya sangat senang saat dia memberikan lampu hijau dan berkata ‘ya, saya siap’, karena ini adalah keputusan dia. Saya tidak bisa membuat keputusan buat dia apakah dia merasa sakit saat melompat di tanah atau apapun itu,” katanya.

 

x

Check Also

wolves vs Manchester United

Manchester United Bawa Pulang 3 Poin Usai Kalahkan Wolves 1-0

Manchester- Dalam laga pekan ke-3 EPL 2021/22 ini Manchester United sukses membawa pulang tiga poin ...