Home > Berita Liga Inggris > Liverpool > Klopp Tuntut Liverpool Berkembang Karena Para Pesaing Kini Makin Meningkat

Klopp Tuntut Liverpool Berkembang Karena Para Pesaing Kini Makin Meningkat

London – Liverpool sejauh ini masih mampu mempertahankan episode kemenangan di musim baru Premier League 2020/21. Memang mereka tersingkir dari Carabao Cup, namun masih sempurna dengan meraup 9 poin dari 3 kemenangan di Premier League.

Artinya The Reds telah mengawali dengan baik misi mereka mempertahankan gelar juara. Jurgen Klopp memahami jika timnya dituntut melampaui level terbaik mereka yang ditunjukkan musim lalu sebagai juara.

“Jika kami benar-benar ingin berjuang meraih gelar musim ini kami harus berkembang, sebab tim-tim lain pun akan berkembang,” buka Klopp di laman resmi Liverpool.

Betapa tidak, ada sejumlah tim yang siap menghadang langkah Liverpool musim ini, walau perkembangan mereka belum sempurna. Pertama tentu ada Manchester City sebagai pesaing utama, lalu ada Chelsea dengan sederet pemain top, ada Arsenal yang mulai solid, dan Manchester United yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Klopp paham Liverpool dituntut untuk terus berkembang demi mempertahankan gelar, namun sejatinya bukan seperti itu. Sudah sejak awal dia tahu bahwa timnya harus berkembang setiap musim, entah juara atau tidak. Jika tidak, Liverpool bisa tergusur oleh tim-tim lain.

“Saya kira klub-klub Premier League, dari sudut pandang sepak bola, telah melakukan pekerjaan sangat baik. Saya melihat banyak tim yang semakin kuat di bursa transfer dengan pembelian mereka,” buka Klopp di Liverpoolfc.com.

“Kami pun . . . . . . harus berkembang untuk bisa mencapai posisi yang mirip dengan musim lalu, jika tidak kami tidak akan punya kesempatan. Itu sangat wajar dan bukan hal baru bagi kami.”

“Itu pun tidak ada hubungannya dengan posisi kami di klasemen musim lalu [jadi juara], memang begitulah adanya, sebab tim-tim lain pun akan berkembang,” imbuhnya.

Bagi Klopp, ada satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk terus berkembang, yakni dengan mempertahankan konsistensi. Hal ini akan membuat timnya terus-menerus meningkatkan standar dari laga per laga, yang tentunya tidak mudah untuk dilakukan.

“Jika Anda ingin berkembang, Anda harus membuat langkah-langkah penting, dan itulah yang selalu kami coba lakukan. Salah satu langkahnya adalah menjaga konsistensi,” sambung Klopp.

“Itu sangat penting, tapi bagaimana caranya Anda bisa konsisten? Hanya dengan memberikan performa di level tertinggi dan karena jadwal yang padat, kami harus melakukannya dengan line-up berbeda,” tutupnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Legenda Liverpool Sebut Sikap Romelu Lukaku Bisa Merusak Skuad Chelsea

Liverpool – Legenda Liverpool, Graeme Souness, menyebutkan bahwa sikap yang ditunjukkan Romelu Lukaku bisa merusak ...