Home > Berita Liga Inggris > Liverpool > Kehilangan Alisson dan Van Dijk, Liverpool Bisa Apa?

Kehilangan Alisson dan Van Dijk, Liverpool Bisa Apa?

Liverpool – Cederanya bek andalan Virgil van Dijk menjadi mimpi buruk bagi Liverpool setelah sebelumnya The Reds ditinggal oleh sang kiper, Alisson Becker, juga karena cedera.

Alisson Becker mengalami cedera bahu pada awal Oktober lalu saat latihan jelang laga melawan Aston Villa di Premier League. Akibat cederanya itu, Alisson harus absen selama empat hingga enam pekan.

Sedangkan Virgil Van Dijk mengalami cedera lutut saat ditabrak Jordan Pickford pada Derby Merseyside melawan Everton pada akhir pekan lalu. Akibat cederanya itu, Van Dijk harus menjalani operasi dan kemungkinan harus absen hingga akhir musim.

Tentu saja absennya Alisson dan Van Dijk ini merupakan kerugian bagi Liverpool karena selama ini Juergen Klopp yang selalu mengandalkan keduanya di barisan pertahanan sejak 2018.

Menurut data Livescore, pertahanan Liverpool meningkat sejak adanya Alisson Becker dan Virgil van Dijk.

Liverpool tercatat sudah memainkan 70 pertandingan liga dengan Alisson dan Van Dijk sebagai starter. Liverpool menang 56 kali, imbang 10 kali, dan empat kali kalah, dengan rasio kemenangan hingga 80 persen.

Sedangkan saat belum adanya Alisson-Van Dijk, . . . . . . The Reds tampil 92 kali dengan catatan 49 menang, 27 seri dan kalah 16 kali, denagan rasio kemenangan mereka juga turun hingga 53,3 persen.

Alisson-Van Dijk juga memberikan rasa aman di barisan belakang Liverpool. Saat keduanya tampil, rasio kebobolan Liverpool di angka 0,7 per pertandingan, atau jauh lebih sedikit ketika keduanya tidak bermain (1,2 per laga).

The Reds juga lebih sedikit menerima tembakan dari lawan selama Alisson-Van Dijk tampil, yakni 8,3 kali per pertandingan. Angka ini lebih rendah dibanding saat keduanya belum tampil bareng (8,8 kali per laga).

Karena itu para pendukung Liverpool dilanda kecemasan menunggu tiap laga tanpa adanya Alisson Becker dan Virgil van Dijk.

x

Check Also

Ingin Saingi Manchester City, Jurgen Klopp Minta Liverpool Tidak Kehilangan Poin

Liverpool – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, meminta agar Liverpool tidak lagi terlalu sering kehilangan poin ...