Home > Berita Bola > Bola Internasional > Kasus Covid-19 di Jerman Melonjak, Bundesliga Gelar Laga Tanpa Penonton Lagi

Kasus Covid-19 di Jerman Melonjak, Bundesliga Gelar Laga Tanpa Penonton Lagi

Berlin – Pemerintah Jerman memutuskan untuk kembali memberlakukan lockdown parsial pasca kenaikan angka kasus positif Covid-19.

Kanselir Jerman Angela Merkel, pada Rabu (28/10/2020) lalu, bersama dengan pemimpin regional dari 16 negara bagian membicarakan masalah ini dan memutuskan beberapa langkah pencegahan untuk mengendalikan penyebaran virus tersebut.

Salah satunya adalah melarang suporter untuk menghadiri olahraga profesional di Jerman.

Hal ini berarti, pertandingan sepak bola di Bundesliga Jerman bakal kembali digelar tanpa kehadiran penonton di stadion mulai 2 November mendatang.

Menjelang musim 2020/21 lalu klub-klub Bundesliga mengumumkan bahwa mereka telah siap menyelenggarakan pertandingan dengan kehadiran penonton bila otoritas kesehatan telah menganggapnya aman.

Sebelumnya, Bundesliga memainkan pekan-pekan terakhir musim 2019/20 secara tertutup, tanpa penonton.

Jumlah penonton terbesar yang hadir di bawah pembatasan sosial terjadi saat laga Borussia Dortmund kontra Freiburg. Saat itu sebanyak 11.500 suporter hadir di stadion.

Sementara itu, klub lain termasuk Bayern Munchen belum membuka kembali stadion mereka karena di sana angka penyebaran Covid-19 masih tergolong tinggi.

Menurut Direktur Pelaksana Dortmund Hans-Joachim Watzke, pihaknya menerima keputusan pemerintah tersebut meski ia menegaskan bahwa para suporter sejatinya aman ketika berada di dalam stadion.

“Mengingat jumlah penularan yang meningkat pesat di Jerman, keputusan para politisi untuk melanjutkan pertandingan tanpa penonton sekarang ini harus diterima,” kata Hans-Joachim Watzke.

“Namun demikian, saya ingin menyatakan bahwa Bundesliga tidak pernah menjadi ancaman (penyebaran virus) karena memberlakukan konsep kebersihan yang rumit dan koheren yang ditetapkan oleh para ahli. Kami semua di BVB berharap dapat bermain lagi di depan para suporter hebat kami secepat mungkin,” sambungnya.

Untuk sementara ini, RB Leipzig masih memuncaki klasemen Bundesliga 2020/21 dengan 13 poin, hasil dari 4 kali menang dan sekali seri.

Juara bertahan Bayern Munchen dan Borussia Dortmund menempel ketat di posisi kedua dan ketiga dengan masing-masing mengantongi 12 poin.

Sementara itu, bintang Bayern Munchen Robert Lewandowski memimpin daftar pencetak gol sementara dengan 10 gol di lima penampilannya.

x

Check Also

Messi Takkan Mungkin Bisa Lewati 7 Rekor Ronaldo Ini

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sudah dianggap sebagai dua pemain terbaik dunia dalam satu dekade ...