Home > Timnas Indonesia > Kapten Timnas U-19 Indonesia Ungkap Kelemahan Timnya

Kapten Timnas U-19 Indonesia Ungkap Kelemahan Timnya

Timnas Indonesia U-19 gagal meraih kemenangan beruntun melawan Makedonia Utara pada pertandingan uji coba di Stadion NK Uslok Klis, Split, Rabu (14/10) malam WIB. Timnas U-19 harus puas bermain imbang tanpa gol di pertandingan itu. Padahal pada pertandingan sebelumnya, timnas U-19 tampil perkasa dan menggilas Makedonia dengan skor meyakinkan, 4-1.

Pada pertemuan kedua ini, pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan signifikan pada susunan pemain. Di antaranya menaruh Beckham Putra sejak menit awal, sampai menduetkan Komang Tri dengan stoper keturunan Inggris, Elkan Baggott. Selain itu, bek kiri Pratama Arhan dipercaya tampil sebagai kapten untuk pertandingan ini.

Pemain yang dikenal dengan lemparan ke dalam yang jauh tersebut menilai penampilan Garuda Muda saat imbang melawan Makedonia kurang maksimal. Bagi Arhan, banyak hal yang masih harus dibenahi dari penampilan tim.

“Kami perlu perbaikan di semua lini, komunikasi antarlini juga kami perbaiki. Alhamdulillah saya tadi [kemarin malam] dipercaya pelatih menjadi kapten, tentu saya harus selalu bermain baik dan maksimal,” kata Arhan, dikutip laman resmi PSSI.

Biasanya ban kapten timnas U-19 dipercayakan kepada David Maulana, yang pada pertandingan tadi malam tidak dimainkan sejak awal. Di lini tengah, Tae-yong mempercayakannya pada duet Beckham dan dan Kanu Helimiawan. Pertandingan tadi malam . . . . . . merupakan uji coba kesepuluh bagi timnas U-19 selama pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Sebelumnya timnas U-19 bisa meraih tiga kemenangan secara beruntun, menghadapi Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, dan Makedonia. TC ini menjadi kesempatan untuk Tae-yong membenahi mental serta fisik para pemain, karena dua hal itu menjadi dasar dari sebuah tim yang kompetitif. Hasilnya cukup memuaskan untuk mantan stoper timnas Korea Selatan itu.

Selanjutnya Garuda Muda akan melawan Bosnia-Herzegovina pada Selasa (20/10) mendatang.  Rangkaian uji coba sebelumnya yang sudah dilewati antara lain versus Bulgaria dengan kekalahan 3-0, dibekuk Kroasia (7-7), imbang melawan Arab Saudi (3-3), menang dan imbang melawan Qatar (2-1 dan 1-1), kalah tipis dari Bosnia-Herzegovina (1-0), menang atas Dinamo Zagreb (1-0), membantai Dugopolje (3-0), dan dua kali versus Makedonia Utara (4-1 dan 0-0).

x

Check Also

Meski Tidak Setuju, Haruna Soemitro Pernah Memakai 9 Pemain Naturalisasi

Jakarta – Nama anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, belakangan ini menjadi sorotan dan bahan cibiran ...