Home > Berita Liga Spanyol > Inilah 4 Pemain Bintang Yang Pernah Mengenakan Jersey Nomor 9 di Barcelona

Inilah 4 Pemain Bintang Yang Pernah Mengenakan Jersey Nomor 9 di Barcelona

Martin Braithwaite resmi akan menggunakan nomor punggung 9 di Barcelona musim ini. Nomor itu merupakan nomor punggung ikonik, tercatat pemain-pemain hebatlah yang menggunakannya di Barcelona. Sebelumnya nomor 9 ini digadang-gadang akan digunakan Memphis Depay, tapi transfer urung terjadi sehingga nomor ini pun masih kosong.

Kejutan pun disajikan Barcelona, karena pemainnya Martin Braithwaite yang musim lalu menggunakan nomor 19 sekarang mengambil alih nomor 9. Nomor 9 Barcelona pun identik dengan sosok penyerang di tim inti Barcelona, hal yang tidak didapatkan Martin Braithwaite.

Musim lalu dirinya tidak banyak dilibatkan Barcelona, Braithwaite hanya bisa tampil sebanyak 11 kali dengan raihan satu gol. Di dua pertandingan awal Barcelona musim ini Braithwaite juga belum mendapatkan kesempatan bermain. Menarik ditunggu apakah selanjutnya Braithwaite bisa melanjutkan kegemilangan pemain nomor 9 Barcelona seperti sebelum-sebelumnya.

Untuk melihat perbandingan pemain nomor 9 di Barcelona, berikut ulasan pemain dengan nomor serupa sebelum Braithwaite.

1. Luis Suarez

1. Luis Suarez

Braithwaite secara mengejutkan menjadi pewaris nomor 9 Barcelona. Dikatakan mengejutkan karena sebelumnya nomor itu digunakan oleh Luis Suarez yang sekarang menjadi top skorer ketiga sepanjang masa Barcelona. Selama enam musim membela Barcelona, Luis Suarez berhasil mencetak 195 gol dan 113 assists dari 283 kali penampilannya. Luis Suarez di setiap musimnya selalu menjadi andalan Barcelona selain Lionel Messi.

Dirinya juga merupakan pemutus dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk gelar El Pichichi di musim 2015/16 dengan 40 golnya. Musim lalu pun Suarez masih mampu mencetak 21 gol di tengah musim buruknya Barcelona sebelum akhirnya dilego ke Atletico Madrid.

2. Alexis Sanchez

2. Alexis Sanchez

Sebelum adanya trio Messi, Neymar dan Suarez, Barcelona memiliki trio dalam diri Alexis Sanchez, Messi, dan Pedro. Sanchez yang didatangkan dari Udinese pada 2011 menggunakan nomor punggung 9. Walaupun hanya tiga . . . . . . musim berada di Barcelona, Alexis Sanchez memiliki memori yang indah di Barcelona.

Dia merupakan pemain reguler Barcelona saat itu dan berhasil meraih enam gelar termasuk dua gelar La Liga. Selama tiga musim Alexis Sanchez mencatatkan 141 kali penampilan dengan raihan 46 gol dan 37 assists. Di klub itu juga Alexis Sanchez mulai mencuat dan merasakan kejayaan di karirnya.

3. Zlatan Ibrahimovic

3. Zlatan Ibrahimovic

Satu lagi nama besar yang menggunakan nomor 9 di Barcelona adalah Zlatan Ibrahimovic. Karir Ibrahimovic selalu berdekatan dengan kesuksesan, tapi di Barcelona Ibrahimovic dianggap kurang memberikan penampilan terbaiknya. Munculnya nama Bojan dan perselisihannya dengan Josep Guardiola yang membuat karirnya berjalan sebentar di Blaugrana.

Selama membela Barcelona, Ibrahimovic bukannya tidak tajam, walaupun kurang bahagia dia berhasil mencetak 22 gol dan 12 assists di 46 kali penampilannya.

4. Samuel Eto’o

4. Samuel Eto'o

Sebelum Zlatan nomor 9 digunakan oleh Samuel Eto’o yang juga merupakan andalan Blaugrana untuk urusan mencetak gol. Eto’o bersama Messi sempat berada di trio Ronaldinho – Eto’o – Messi dan Henry – Eto’o – Messi. Selama lima musim dari 2004, Eto’o bergelimang gelar bersama Barcelona termasuk dua gelar Liga Champions dan tiga gelar La Liga.

Di Barcelona juga dirinya mendapatkan penghargaan pemain terbaik Afrika tahun 2005. Selama membela Barcelona, Samuel Eto’o berhasil mencatatkan 199 kali penampilan dengan raihan gol 130 serta 40 assists.

x

Check Also

Real Madrid vs Cadiz Berakhir Dengan Skor 0-0, Gawang Cadiz Susah Ditembus Madrid !

Jakarta – Dalam laga lanjutan La Liga 2021/22, Real Madrid tidak berhasil mencetak gol ke ...