Home > Berita Liga Eropa > Gelandang Veteran Ini Cetak Gol Dengan Jarak 56 Meter di Liga Europa

Gelandang Veteran Ini Cetak Gol Dengan Jarak 56 Meter di Liga Europa

Kejadian luar biasa muncul lagi dalam matchday 2 Liga Europa pada Kamis (29/10/2020) dalam momen pemecahan rekor gol terjauh di pentas ini. Jordi Gomez (35), gelandang veteran klub Siprus, Omonia Nicosia, mencetak gol terjauh dalam sejarah Liga Europa saat menghadapi PSV Eindhoven.
Dalam pertandingan kedua di Grup E yang berlangsung di GSP Stadium, Strovolos, Omonia selaku tuan rumah unggul duluan pada menit ke-29.

Keunggulan ini diperoleh lewat cara tidak biasa karena Gomez mencetak golnya melalui tembakan dari jarak sejauh 56 meter di depan gawang! Jarak itu berarti Gomez melancarkan tendangan dari wilayah permainan timnya sendiri, sebelum menyentuh garis tengah lapangan.
Prosesnya berawal dari pelanggaran pemain PSV, Jorrit Hendrix, kepada striker Omonia, Michal Duris, di area sekitar tengah lapangan.

Setelah Duris terjatuh, Gomez melakukan tendangan bebas cepat ke arah gawang PSV. Pemain Spanyol yang pernah tergabung bersama Lionel Messi di tim muda Barcelona itu melihat kiper Yvon Mvogo maju terlalu jauh dari sarangnya. Tanpa pikir panjang, Gomez melesakkan tembakan lob yang melambung di atas Mvogo.
Upaya sang kiper buat mundur kembali ke gawangnya percuma karena bola melesat lebih dulu ke jala.

Opta mencatat gol spektakuler Jordi Gomez lahir dari jarak 56 meter, memecahkan rekor sebelumnya yang baru saja tercipta pekan lalu. Pada matchday 1, pemain Rangers FC, Kemar Roofe, menjebol gawang Standard Liege via tembakan lob dari jarak 50 meter. Tapi, lesakan historis Gomez ini diperdebatkan publik di medsos.
Hal itu karena keabsahannya dipertanyakan saat Gomez menembak bola melalui tendangan bebas cepatnya.

Menurut regulasi, tendangan bebas baru boleh diambil saat bola sudah berhenti bergulir atau dihentikan lajunya. Sementara itu, pada kasus perekik Gomez, situasi dipertanyakan karena bola masih bergulir lemah sebelum dia tendang ke arah gawang. Bagaimana pun, gol bersejarah Jordi Gomez saja tidak cukup menghadirkan kemenangan untuk Omonia.
Tim asuhan mantan defender Manchester United, Henning Berg, itu disalip PSV dengan dua gol pembalas Donyell Malen (40′, 90+2′) hingga kalah 1-2.

 

x

Check Also

Video, Tendangan Roket Penyerang Napoli Saat Lawan Real Sociedad

Napoli menjalani pertandingan tandang ke Estadio de Anoeta, kandang Real Sociedad, dalam pertandingan matchday 2 ...