Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Gabung Barcelona, Karir 5 Pemain Ini Justru Meredup

Gabung Barcelona, Karir 5 Pemain Ini Justru Meredup

Barcelona sebagai raksasa sepak bola selalu memiliki daya tariknya sendiri untuk banyak pemain. Pindah ke Barcelona merupakan salah satu langkah maju untuk seorang pesepak bola. Di Barcelona kelihatannya setiap pemain bisa mewujudkan mimpinya untuk mengangkat piala.

Blaugrana memang merupakan klub yang bergelimang trofi, tercatat klub Catalunya itu sudah meraih lima gelar Liga Champions, 26 gelar La Liga, dan trofi-trofi lainnya.

Klub ini pun selalu dikelilingi banyak pemain-pemain bintang. Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Neymar sampai Ronaldinho pernah menapaki karirnya di Barcelona. Mereka merupakan sosok yang sukses meraih puncak karirnya saat berada di Camp Nou.

Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez bahkan pernah mencicipi rekor dalam satu tahun kalender dengan meraih sextuple atau enam trofi pada tahun 2009. Mereka merupakan pemain-pemain yang bisa menjawab tantangan besar di Barcelona.

Dengan tradisi meraih trofi dan menampilkan permainan terbaik, tentu pemain yang hijrah ke Barcelona selalu dikelilingi ekspektasi yang besar. Nyatanya hal itu yang terkadang menjadi beban berat untuk pemain sehingga gagal berkembang di Camp Nou.

Lalu siapa saja pemain yang gagal memenuhi ekspektasi dan mengalami penurunan performa? Berikut lima di antaranya:

5. Ibrahim Affelay

Saat diangkut ke Barcelona, Affelay merupakan salah satu pemain muda berbakat yang dimiliki PSV Eindhoven. Sejak didatangkan pada 2011, Ibrahim Affelay gagal bersaing dengan bintang-bintang Barcelona. Walau lumayan sering tampil di awal kedatangannya, Affelay selanjutnya malah semakin minim diturunkan.

Kontribusinya untuk Barcelona pun tidak begitu besar, sampai akhirnya dia dipinjamkan ke Schalke. Balik ke Barcelona di musim 2013/14, Affelay masih mendapati dirinya tidak terpakai, dan akhirnya dipinjamkan kembali ke Olympiacos. Peminjamannya pun kurang dianggap berhasil, dan akhirnya Barcelona pun memilih untuk menjualnya permanen ke Stoke City. Tercatat di Barcelona, Affelay hanya tampil 35 kali.

4. Alex Song

Kemampuan Alex Song saat itu begitu baik di Arsenal, dia merupakan andalan Arsene Wenger di tim saat itu. Lalu, Barcelona pun terpikat oleh kemampuannya sampai membelinya pada tahun 2012. Dua musim bermain di La Liga, Alex Song lebih banyak duduk di bangku cadangan. Alex Song ternyata sadar kalau kepindahannya ke Barcelona akan mengurangi jam bermainnya berkurang.

Tapi, hasrat untuk memiliki gaji yang besar membutakan Alex Song, sehingga dirinya pun tidak peduli dengan hal itu. Alex Song pun semakin tidak terpakai dan akhirnya dipinjamkan ke West Ham. Setelahnya Alex Song gagal . . . . . . mencapai penampilan terbaiknya seperti saat berada di Arsenal. Akhirnya Barcelona pun melepasnya ke Rubin Kazan.

3. Andre Gomes

Andre Gomes datang ke Barcelona dengan kepercayaan diri yang tinggi. Dia merupakan bagian dari skuad Portugal yang juara di Piala Eropa 2016. Di Valencia pun Andre Gomes merupakan andalan tim. Pada awal kedatangannya Andre Gomes pun memberikan kesan positif dengan dua golnya di Piala Super Spanyol. Tapi, setelahnya Andre Gomes harus dihadapkan fakta kalau Barcelona bukanlah Valencia.

Andre Gomes gagal beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona, dan akhirnya dia pun lebih sering duduk di bench. Dari 78 penampilannya, Andre Gomes hanya bisa memberikan tiga gol dan empat assists. Tidak terlalu berkesan di Barcelona, Andre Gomes pun akhirnya dipinjamkan dan dijual ke Everton.

2. Ousmane Dembele

Datang dengan harapan tinggi sebagai pengganti Neymar, Ousmane Dembele sekarang masih belum bisa memberikan penampilan terbaiknya. Di Borussia Dortmund, Dembele merupakan salah satu winger terbaik dengan kecepatannya. Barcelona pun rela merogoh kocek sampai 138 juta euro untuk jasanya.
Tapi setelah datang ke Barcelona, Ousmane Dembele malah lebih sering berkutat dengan cedera.

Total Dembele sudah melewatkan 80 pertandingan karena cedera di tiga musimnya bersama Barcelona. Tapi, Ousmane Dembele rasanya masih bisa bangkit kalau cedera tidak lagi menggangunya.

1. Arda Turan

Arda Turan merupakan salah satu andalan dari suksesnya Atletico beberapa musim sebelumnya saat itu. Dia memiliki peran yang tidak tergantikan di Atletico sebagai pemain nomor 10. Arda Turan didatangkan pada 2016 untuk mengisi lini tengah yang ditinggalkan Xavi Hernandez. Dibeli saat Barcelona mengalami larangan transfer, Arda Turan lantas menunggu selama enam bulan untuk mencatatkan debutnya.

Di musim pertamanya Arda Turan gagal mengamankan tempatnya di skuad utama Luis Enrique saat itu. Dia hanya mencatatkan 14 kali starter pada musim 2016/17. Semakin buruk saat, Barcelona berpindah tangan kepelatihan. Arda semakin tidak terpakai dan akhirnya dipinjamkan ke Turki dan sekarang dia sudah kembali bersama klub lamanya Galatasaray.

x

Check Also

Frenkie de Jong Terpilih Menjadi Man Of The Match Dalam Laga Deportivo Alaves vs Barcelona

Jakarta – Dalam duel pekan ke-22 La Liga 2021/22, Barcelona berhasil meraih kemenangan dengan skor ...