Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Ditunggu Luis Milla di Spanyol, Timnas U-19 Indonesia Justru TC di Yogyakarta

Ditunggu Luis Milla di Spanyol, Timnas U-19 Indonesia Justru TC di Yogyakarta

Timnas U-19 Indonesia akan kembali ke tanah air dari Kroasia untuk kemudian melanjutkan TC di Yogyakarta. PSSI melalui laman resminya juga mengonfirmasi kalau pemusatan latihan (TC) di Kroasia resmi akan berakhir pada 26 Oktober 2020. Bagas Kaffa dkk dijadwalkan akan tiba di tanah air pada 27 Oktober 2020.
Selanjutnya, pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing. Pada pertandingan ujicoba terakhir, skuat timnas U-19 Indonesia dibagi menjadi dua tim dan bertanding satu sama lain pada gim internal, pada Jumat (23/10/2020).

Tim Garuda merah yang dipimpin oleh Nova Arianto menang 4-1 atas tim Garuda Putih yang dipimpin oleh Gong Oh-kyun. Empat gol dari Garuda Merah dicetak Irfan Jauhari (pada menit ke-5), Bagas Kaffa (43′), Witan Sulaeman (70′), dan Zakiri (75′). Sedangkan gol semata wayang dari Garuda Putih diciptakan Brylian Aldama (65′).
Pertandingan internal itu berlangsung dalam waktu 2×40 menit.

Sejak 30 Agustus lalu, Timnas U-19 Indonesia sudah menjalani 11 pertandingan uji coba. Dari 11 pertandingan itu, Witan Sulaeman Cs memperoleh lima kemenangan, tiga kekalahan, dan tiga hasil imbang. Lawan-lawan timnas U-19 Indonesia yang sudah dihadapi adalah Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1 dan 0-0), Hajduk Split (4-0).
Setelah pulang dari Kroasia ke Indonesia, para pemain timnas U-19 Indonesia dikhawatirkan tidak bisa menjaga performa karena tidak jelas apakah liga akan bergulir kembali. Shin Tae-yong bahkan sempat mengeluhkan kondisi ini.

“Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing,” kata pelatih asal Korea Selatan.

“Saya juga bisa memantau kalau ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat timnas U-20.”

“Ujung dari sebuah kompetisi itu . . . . . . timnas. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan.”

“Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub,” katanya.

Untuk itu, PSSI melalui Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen-nya, Yunus Nusi mengonfirmasi kalau timnas U-19 Indonesia akan menjalani TC lagi di Yogyakarta.

“Jadi setelah pulang dari Kroasia. Para pemain akan libur sebentar, baru setelah itu kumpul kembali untuk menjalani TC lagi,” kata Yunus Nusi.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu setelah dikembalikan ke klub masing-masing, pada November mendatang akan kembali dikumpulkan.

“Kami kumpulkan kembali pada November untuk rencana TC di Yogyakarta itu,” kata Yunus Nusi.

“Jadi rencananya di Yogyakarta itu untuk persiapan ke Prancis,” katanya.

Rencana TC di Yogyakarta untuk timnas U-19 Indonesia sekaligus menepis rencana-rencana yang beredar sebelumnya. Pada awalnya, timnas U-19 Indonesia berencana untuk melanjutkan TC ke Spanyol usai menyelesaikan pemusatan latihan di Kroasia. Lalu ada juga rencana TC akan berlanjut ke Turki, tapi keduanya urung dilakukan.
Mantan pelatih timnas Indonesia, Luis Milla bahkan mengatakan dengan senang hati menyambut timnas U-19 Indonesia kalau jadi TC di Spanyol.

“Yang terpenting saat ini untuk pemain-pemain muda Indonesia adalah terus berlatih dan mengembangkan diri,” ucap Luis Milla saat ditanya soal timnas U-19 Indonesia pada acara webinar bertajuk ‘El Clasico Season 90’.

“Saya akan menyambut timnas U-19 Indonesia apabila mereka ke Spanyol,” kata pria 54 tahun itu.

x

Check Also

Shin Tae-yong Baru Hentikan Latihan Bila Tenaga Pemain Sudah Habis

Jakarta – Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, memang dikenal disipilin dan keras saat melatih. ...