Home > UEFA Nations League > Deschamps Diminta Tak Lagi Mainkan Griezmann di Posisi Nomor 10

Deschamps Diminta Tak Lagi Mainkan Griezmann di Posisi Nomor 10

Paris – Juru racik timnas Prancis Didier Deschamps mendapatkan kritikan dari Alain Giresse karena ia dinilai salah memposisikan Antoine Griezmann dengan peran nomor 10.

Prancis tampil menghadapi Portugal di ajang UEFA Nations League. Laga tersebut berlangsung di Stade de France, kandang Les Blues.

Namun, Prancis tak mampu memaksimalkan keuntungan bermain di markas sendiri. Les Blues hanya bisa menuai hasil imbang 0-0 kontra Cristiano Ronaldo cs.

Partai ini merupakan pertandingan ulangan final Euro 2016 silam. Portugal saat itu akhirnya malah menang usai pertandingan berlangsung hingga extra-time.

Di duel Prancis vs Portugal tersebut, Didier Dechamps mengusung skema 4-4-2 diamond. Ia memainkan Antoine Griezmann di belakang dua penyerang, Olvier Giroud dan Kylian Mbappe.

Hal ini mendapatkan kritikan dari Alain Giresse. Ia menilai Griezmann tak seharusnya ditempatkan di posisi tersebut.

“Masalahnya adalah, Griezmann telah kehilangan kepercayaan dirinya, dan Didier memainkannya untuk mencoba mengembalikan kepercayaan diri itu,” kata Giresse kepada L’Equipe.

“Ia bermain seperti 10, tapi Griezmann bukan pemain nomor 10. Kami selalu mengatakan bahwa jika ada pemain yang jadi pusat permainan, pemain itu seharusnya Giroud. Di Piala Dunia, itu seperti itu dengan Mbappe di satu sisi dan [Blaise] Matuidi di sisi lain,” ujarnya.

Usai menghadapi Portugal, Prancis akan bermain versus Kroasia. Alain Giresse . . . . . . lantas ditanya apakah sebaiknya Didier Deschamps mengganti strateginya.

Ia pun menyarankan demikian. Ia berharap sang pelatih kembali mengandalkan formasi yang membuat Prancis sukses di Piala Dunia 2018.

“Mungkin, tapi tidak lebih dari satu atau dua, maksimal tiga. Setelah itu, saya akan mencoba lebih dekat dengan sistem permainan di Piala Dunia terakhir di Rusia, ketika lini tengah kami cocok dengan sektor penyerang kami,” cetusnya.

“Jadi saya menempatkan Giroud di depan, Mbappe di satu sisi, ke kanan atau ke kiri itu tidak masalah dan saya menyeimbangkan dengan pemain di kanan seperti [Kingsley] Coman,” tuturnya.

“Akhirnya, saya menempatkan Griezmann untuk mendukung Giroud, tetapi bukan sebagai nomor 10 karena ia mengekspresikan dirinya lebih baik dalam posisi sembilan setengah. Itu bekerja dengan sempurna, tapi sekali lagi, Griezmann mungkin perlu mendapatkan kembali kepercayaan diri,” tandasnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Pelatih Prancis Berharap Pogba Bisa Menemukan Kebahagiaan di MU

Paris – Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, kembali memberikan dukungannya kepada Paul Pogba yang tampil ...