Home > Berita Liga Inggris > Dana Belanja Pemain MU Tak Lebih Besar Dari 5 Klub Premier League Ini

Dana Belanja Pemain MU Tak Lebih Besar Dari 5 Klub Premier League Ini

Manchester United membawa lima pemain baru pada bursa transfer awal musim 2020/2021. Tapi, aksi itu masih kalah kalau dibanding klub Premier League lain seperti Aston Villa atau Leeds United yang sangat aktif. United memang membayar mahal untuk transfer Donny van de Beek dari Ajax.

Tapi, jumlah uang yang mereka keluarkan masih kalah dari Leeds United. Klub promosi ini bahkan mencatatkan rekor transfer paling mahal klub. Klub seperti Chelsea misalnya. Mereka merekrut sebanyak tujuh pemain sebagai bagian dari proyek juara Frank Lampard di Stamford Bridge setelah musim lalu mereka tertatih-tatih di jajaran papan atas.

Di sisi lain, rival mereka Manchester United pergerakannya terasa mengecewakan di bursa transfer musim panas ini. Mereka sangat kontras dengan The Blues. Mereka mendatangkan lima pemain baru, di mana mayoritas di antaranya bukan incaran utama.

Klub mana saja yang paling boros di Premier League?

Arsenal: 64,5 Juta Poundsterling

Arsenal asuhan Mikel Arteta membuat kejutan pada hari terakhir jendela transfer. Dengan hanya beberapa jam tersisa, The Gunners membayar klausul pelepasan Thomas Partey di Atletico Madrid senilai 45 juta poundsterling, Total The Gunners mendatangkan tiga pemain. Selain Partey ada Willian dan Gabriel Magalhaes seharga 27 juta poundsterling.

Di sisi lain Arsenal melepas Henrikh Mkhitaryan, Matteo Guendouzi, Lucas Torreira dengan status pinjaman atau malah gratisan. Hanya kepindahan Emi Martinez ke Aston Villa memberi mereka biaya transfer yang cukup besar yaitu 17 juta poundsterling.

Manchester City: 76,5 Juta Poundsterling

Manchester City sejak awal diprediksi akan belanja gila-gilaan musim panas ini seiring kegagalan mereka menjadi juara Premier League musim lalu. Dan hal itu benar-benar kejadian. Mereka mencoba memperbaiki masalah musim lalu dengan membeli Nathan Ake dan Ferran Torres seharga 41 juta dan 20,8 juta poundterling di awal bursa transfer.

Saat pengujung bursa Pep Guardiola mendatangkan stoper mahal Ruben Dias dari Benfica senilai 65 juta poundsterling. Kepergian Leroy Sane ke Bayern Munchen (54,8 juta poundsterling) serta Nico Otamendi ke Benfica (13,7 juta poundsterling) memungkinkan City untuk menutup hampir setengah dari pengeluaran musim panas mereka.

Leeds United: 84,5 Juta Poundsterling

Setelah absen selama 16 tahun di kasta elite sepak bola Inggris, Leeds United kembali ke Premier League secara bersejarah dengan status jawara Championship. Marcelo Bielsa berbelanja pemain di musim panas ini bergaya klub elite (lepas keterpurukan mereka selama belasan tahun, Leeds tetap merupakan salah satu klub raksasa di Inggris).

Leeds memecahkan rekor transfer mereka untuk menyegel tanda tangan pemain . . . . . . internasional Spanyol Rodrigo Moreno seharga 27 juta poundsterling. Mereka juga membuat rekrutan nama besar lainnya yang mengesankan seperti Diego Llorente dari Real Sociedad seharga 20 juta poundsterling. Baru-baru ini, penyerang Brasil, Raphinha dari Rennes seharga 17 jutapoundsterling.

Aston Villa: 85 Juta Poundsterling

Nama yang relatif mengejutkan di posisi tinggi dalam daftar ini, klub medioker yang musim lalu nyaris degradasi Aston Villa. Mereka melakukan beberapa bisnis yang sangat mengesankan di jendela musim panas ini. Pasukan Dean Smith musim 2018-2019 juga mengelontorkan uang gemuk di bursa, tapi mayoritas rekrutan Villa mengecewakan.

Musim panas ini Aston Villa memilih berubah strategi. Mereka tetap menghabiskan banyak uang tapi dengan fokus pada pemain-pemain berkualitas. Villa menghadirkan empat rekrutan besar di bursa transfer. Mereka membeli bek Inggris Matty Cash (16 juta poundsterling) dari Nottingham Forest, kiper Emi Martinez (17 juta poundsterling) dari Arsenal, penyerang Olympique Lyon Bertrand Traore (19 juta poundsterling), dan memecahkan rekor transfer klub untuk bintang Championship Ollie Watkins (33 juta poundsterling) dari Brentford.
Selain itu, Villa juga mendapatkan Ross Barkley dengan status pinjaman selama satu musim dari Chelsea.

Chelsea: 212,6 Juta Poundsterling

Klub mana lagi yang bisa menyangi Chelsea musim panas ini? The Blues mencatatkan salah satu jendela transfer paling menakjubkan dalam sejarah sepak bola Inggris dengan meresmikan tujuh amunisi anyar sekaligus. Musim lalu, karena kena hukuman setengah musim gara-gara kasus perekrutan pemain muda secara ilegal, Chelsea agak hati-hati berbelanja pemain. Frank Lampard bahkan sama sekali tidak beli pemain saat bursa transfer paruh musim. Tapi, mereka menandai kembalinya mereka ke pasar dengan cara yang eksplosif.

Edouard Mendy (22 juta poundsterling), Hakim Ziyech (33,3 juta poundsterling), Timo Werner (45 juta poundsterling), Ben Chilwell (50 juta poundsterling), dan Kai Havertz (75,8 juta poundsterling) semua tiba di klub dengan total gabungan lebih dari pengeluaran menembus angka 200 juta poundsterling. Selain itu, The Blues juga mengontrak bek veteran Thiago Silva (eks PSG) dan Malang Sarr dengan status bebas transfer untuk meningkatkan opsi pertahanan mereka.

x

Check Also

wolves vs Manchester United

Manchester United Bawa Pulang 3 Poin Usai Kalahkan Wolves 1-0

Manchester- Dalam laga pekan ke-3 EPL 2021/22 ini Manchester United sukses membawa pulang tiga poin ...