Home > Berita Bola > Bola Internasional > Calon Pemain Naturalisasi Indonesia Gabung Klub Belgia Yang Pernah Juara Eropa

Calon Pemain Naturalisasi Indonesia Gabung Klub Belgia Yang Pernah Juara Eropa

Marilah kita mencoba untuk mengenal KV Mechelen, klub baru Sandy Walsh yang ternyata pernah menjadi raja di benua Eropa. Nasib sial harus diterima oleh Sandy Walsh di akhir musim lalu. Alasannya, klub yang selama ini menaunginya di Liga Belgia, Zulte Waregem memutuskan berpisah dengan Sandy Walsh.

Akibatnya, bek kanan keturunan Indonesia itu sempat tidak memiliki klub sama sekali. Sebagai informasi, darah Indonesia Sandy Walsh berasal dari kakek dan neneknya dari keluarga ibu. Perihal menjadi warga negara Indonesia, proses naturalisasi Sandy Walsh pun masih belum menemui ujungnya. Oleh karena itu, harapan Sandy Walsh untuk segera menjadi bagian dari Timnas Indonesia pun masih urung terlaksana di usianya yang ke-25.

Walau begitu, harapan untuk mendapat klub baru tetap bisa didapatkan oleh Sandy Walsh. Belum ada seminggu, datang klub Belgia bernama KV Mechelen yang menawarkan kontrak bagi Sandy Walsh.  Praktis KV Mechelen menjadi klub Belgia ketiga yang pernah diperkuat oleh Sandy Walsh. Sebelumnya, Sandy Walsh sudah pernah bergabung bersama KRC Genk, Zulte Waregem.

Tapi klub KV Mechelen ini sebenarnya adalah klub yang sangat bersejarah di Belgia. Bagaimana tidak, ternyata KV Mechelen pernah menjuarai kompetisi Eropa. Oleh karena itu, KV Mechelen sesungguhnya bukan klub jelek dan kelihatannya bisa menjadi wadah atau tempat Sandy Walsh untuk mengasah kemampuannya. Sangat bersejarah, tentu rasanya menarik untuk mencari tahu bagaimana profil KV Mechelen, klub baru Sandy Walsh.

KV Mechelen

Didirikan pada 1904, KV Mechelen adalah salah satu klub tua yang ada di Belgia, tepatnya di provinsi Antwerpen. KV Mechelen mencapai kesuksesannya pada era 1940-an atau pada saat perang dunia kedua meletus.  Selepas perang dunia kedua berakhir, KV Mechelen yang sempat juara Liga Belgia, tetap menancapkan taringnya di kancah sepak bola dalam negeri.

Selama berpuluh-puluh tahun, KV Mechelen menjadi salah satu raksasa di Belgia. Sampai puncaknya terjadi pada musim 1987/88 di mana KV Mechelen dengan heroik . . . . . . berhasil menjadi juara Piala Winners. Sebagai informasi, Piala Winners adalah cikal bakal ajang Liga Europa, sebuah turnamen yang gagal dimenangkan Manchester United musim lalu.

Saat itu perjuangan KV Mechelen untuk menjadi juara Piala Winners pun tidak mudah. Soalnya harus melewati hadangan Dinamo Bucuresti sampai Atalanta. Lalu pada akhirnya KV Mechelen pun melaju ke final untuk menantang Ajax Amsterdam dari Belanda. Saat itu, sepak bola Belanda sedang berada di puncaknya. Tentu itu tidak lepas dari keberhasilan Belanda menjadi juara Pala Eropa mengalahkan Uni Soviet.

Ajax Amsterdam sendiri diperkuat oleh Dennis Bergkamp, salah satu legenda Belanda. Tapi dengan heroiknya, KV Mechelen sukses juara turnamen Eropa sekelas Piala Winners.  Setahun berikutnya, KV Mechelen benar-benar menjadi juara Eropa setelah bertemu PSV Eindhoven di ajang Piala Super Eropa.

Saat itu, PSV Eindhoven adalah juara Liga Champions setelah mengalahkan Benfica. Bertanding dalam dua leg, KV Mechelen dengan gemilang sukses menyudahi perlawanan PSV Eindhoven untuk menjadi raja Eropa sesungguhnya. KV Mechelen yang menang 3-0 di leg pertama hanya bisa dibalas 1-0 oleh PSV Eindhoven.

KV Mechelen pun menjadi klub Belgia terakhir yang bisa juara di Eropa. Sayang setelah juara Piala Super Eropa, prestasi KV Mechelen alami penurunan signifikan baik itu kancah internasional maupun dalam negeri. Sekarang KV Mechelen mencoba untuk bangkit kembali setidaknya di kancah domestik terlebih dulu. Oleh karena itu, KV Mechelen membutuhkan jasa Sandy Walsh, bek berdarah Indonesia agar bisa kembali jadi juara Eropa.

x

Check Also

Belanda Menang Telak 4-0 Atas Montenegro Dalam Ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas Belanda berhasil menang telak atas Montenegro ...