Home > Berita Liga Inggris > Manchester United > Berstatus Wonderkid, 5 Pemain Muda Ini Justru Gagal Total di MU

Berstatus Wonderkid, 5 Pemain Muda Ini Justru Gagal Total di MU

Manchester United (MU) sering melahirkan pemain-pemain hebat. Dalam sejarahnya, sejumlah bakat muda berhasil diorbitkan sampai menjadi pesepak bola bintang. Ryan Giggs, Paul Scholes, Gary Neville, David Beckham, Paul Pogba, dan sekarang Marcus Rashford merupakan sedikit contoh pemain-pemain yang bisa berkembang sejak di akademi MU. Tapi tidak sedikit juga yang akhirnya gagal total walau sempat menyandang status wonder kid.
Dari beberapa pemain, sedikitnya ada lima nama yang kariernya mencuri perhatian.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1. Mads Timm

Pria asal Denmark ini bergabung dengan akademi MU di musim 2000/2001. Dua tahun berselang, Mads Timm dipercaya menghuni tim senior dan dia sempat disebut-sebut akan menjadi bintang besar pada masa depan. Tapi sikapnya yang sulit diatur membuat Timm terdepak dari skuat MU asuhan Sir Alex Ferguson. Dia bahkan pernah berurusan dengan polisi akibat kebut-kebutan di jalan raya. Tim kemudian dilepas MU dan menjalani karier bersama FK Lyn, Walsall, Odense, serta Lyngby BK sampai akhirnya pensiun pada 2009 lalu.

2. Federico Macheda

Saat bergabung dengan MU pada 2008, Federico Macheda masih berusia 17 tahun. Tapi dia justru bisa tampil ciamik dengan catatan dua gol di musim pertamanya membela The Red Devils. Sayang, Macheda sangat akrab dengan cedera. Saat pulih, MU tidak lagi mengandalkannya karena sudah punya penyerang berkualitas seperti Wayne Rooney, Dimitar Berbatov, serta Carlos Tevez. Macheda akhirnya dipinjamkan ke sejumlah klub sampai dilepas permanen pada musim panas 2014.
Sekarang sang pemain berkarier di Liga Yunani bersama Panathinaikos.

3. Dong Fangzhuo

Dong Fangzhuo merupakan pemain pertama asal China yang mendarat di MU. Dia didatangkan dari Dalian Shide pada 2004 lalu dan dikontrak selama empat musim. Dong sempat diprediksi akan menjadi bintang Asia yang sukses di Eropa. Tapi sayang, dia malah gagal menembus skuat MU. Pemain yang pernah berduet dengan Ole Gunnar Solskjaer itu lalu pulang ke negaranya dan sering pindah-pindah klub.

4. Rodrigo Possebon

Tim pencari bakat MU menemukan talenta Rodrigo Possebon di akademi Internacional. Tanpa ragu, MU membawanya pada musim panas 2008 lalu. Dia datang ke Old Trafford bersama dua pemain Brasil lainnya yaitu Rafael da Silva dan Fabio da Silva. Possebon sempat mencicipi atmosfer pertandingan di Premier League. Tapi dia kesulitan merebut tempat di starting XI sehingga hanya bertahan satu musim.
Pada Mei 2020 lalu, Possebon sempat dikaitkan dengan Persija Jakarta. Menurut berita, dia akan mengisi slot pemain asing karena Marc Klok segera dinaturalisasi menjadi WNI.

5. Angelo Henriquez

Pada 2012 lalu, bakat Angelo Henriquez bisa mencuri perhatian Sir Alex Ferguson. Di usia muda, dia direkrut MU karena diyakini bisa menjadi pemain besar di masa depan. Tapi sayang, karier Henriquez hancur setelah Ferguson pensiun. Dia terdepak dari skuat utama dan sempat jalani masa pinjaman di Wigan Athletic, Real Zaragoza, serta Dinamo Zagreb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manchester United Punya Target Baru, Incar Pau Torres dari Villarreal

Manchester – Lini pertahanan menjadi bagian yang harus segera diperbaiki oleh Manchester United setelah dalam ...