Home > Berita Liga Indonesia > Berdasar Transfermarkt, Inilah 10 Penyerang Indonesia Termahal

Berdasar Transfermarkt, Inilah 10 Penyerang Indonesia Termahal

Situs penyedia data statistik, Transfermarkt, sering menjadi rujukan untuk mengukur seorang pesepak bola. Mulai dari catatan penampilan, total gol sampai nilai pasarnya. Laman asal Jerman itu juga merangkum data-data Shopee Liga 1. Market value atau nilai pasar menjadi komponen paling diandalkan oleh Transfermarkt. Harga seorang pesepak bola di bursa transfer bisa merujuk dari fitur itu.
Transfermarkt juga cukup lengkap menghadirkan statistik Shopee Liga 1. Rincian pertandingan ada, daftar pencetak gol tercantum sampai nilai pasar tertinggi pemain tersedia.

Khusus untuk market value penyerang lokal, Transfermarkt mendapuk Osvaldo Haay sebagai yang termahal. Winger Persija Jakarta itu dihargai 300 ribu euro atau setara dengan Rp5,2 miliar. Angka itu cukup layak disematkan kepada Osvaldo Haay. Di usianya yang baru menginjak 22 tahun, pemain kelahiran Jayapura, Papua itu cukup produktif untuk seorang penyerang sayap.
Osvaldo Haay adalah top scorer SEA Games 2019 bersama dengan pemain Vietnam, Ha Duc Chinh. Sejak 2017, mantan Persipura Jayapura ini mengumpulkan 23 gol dari 65 penampilan.

Ilija Spasojevic – Rp5,2 Miliar

Ilija Spasojevic Berambisi Bawa Bali United Juara Piala AFC - Bola  Liputan6.com

Transfermarkt menghargai Ilija Spasojevic sama dengan Osvaldo Haay. Harga pasar dari pemain naturalisasi kelahiran Montenegro itu mencapai 300 ribu euro (Rp5,2 miliar). Spaso, panggilannya, sudah membuktikan nilai itu dalam tiga tahun terakhir. Penyerang Bali United itu mampu meraih dua trofi juara Liga 1 dan mencetak total 38 gol dari 76 pertandingan.

Boaz Solossa – Rp4,7 Miliar

Astaga, Rumah Pesepakbola Boaz Solossa Musnah Terbakar | Republika Online

Usianya boleh telah menginjak 34 tahun. Masa keemasannya sebagai bomber dengan insting membunuh pun sudah lewat. Tapi, nilai pasar Boaz Solossa masih mahal versi Transfermarkt. Transfermarkt menaksir market value Boaz berada di angka 275 ribu euro (Rp4,7 miliar). Nilai yang sebanding dengan pengalamannya dan kontribusinya untuk Persipura Jayapura selama ini.
Boaz telah tiga kali mengantar Persipura menjuarai Liga Indonesia. Tiga . . . . . . kali juga adik dari Ortizan Solossa ini didapuk sebagai pemain terbaik dan top scorer kompetisi. Kurun waktu 4 musim terakhir, Boaz masih tokcer untuk Persipura. Mantan kapten Timnas Indonesia itu mampu menghasilkan 31 gol dari 83 penampilan di Liga 1.

Lerby Eliandry – Rp4,7 Miliar

Bosan Berkarier di Samarinda Lerby Eliandry Kembali Perkuat Bali United -  Warta Kota

Transfermarkt terlalu mahal dalam mengira-ngira nilai pasar Lerby Eliandry. Penyerang Bali United itu dihargai sama dengan Boaz yaitu 275 ribu euro (Rp4,7 miliar). Mengacu statistik, Lerby tidak jelek-jelek amat. Pemain berusia 29 tahun itu masih bisa menghasilkan 39 gol dari 88 pertandingan. Tapi, Lerby sering inkonsisten. Pemain kelahiran Samarinda, Kalimantan Timur itu banyak menghabiskan kariernya dengan tim non-favorit juara.
Dia juga masih susah menembus Timnas Indonesia.

Irfan Jaya – Rp4,7 Miliar

Lawan PSM Makassar, Motivasi Irfan Jaya Naik Dua Kali Lipat | Goal.com

Harga pasar Irfan Jaya ditaksir mencapai 275 ribu euro (Rp4,7 miliar) di Transfermarkt. Banderol itu terlalu tinggi untuknya. Saat ini, Irfan Jaya belum menjadi apa-apa dan belum memberikan apa-apa kepada Persebaya Surabaya di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Secara statistik, winger berusia 24 tahun itu juga baru mengukir 14 gol dalam tiga musim terakhir.

6. Dedik Setiawan – 250 Ribu Euro (Rp4,3 Miliar)

7. Dendi Santoso – 225 Ribu Euro (Rp3,9 Miliar)

8. Hari Nur Yulianto – 225 Ribu Euro (Rp3,9 Miliar)

9. Dendi Santoso – 225 Ribu Euro (Rp3,9 Miliar)

10. Irfan Bachdim – 175 Ribu Euro (Rp3 Miliar)

x

Check Also

Bawa Dewa United Lolos ke Liga 1, Kas Hartadi Berharap Kontraknya Diperpanjang

Jakarta – Pelatih Dewa United, Kas Hartadi, berharap kontraknya diperpanjang untuk menangani Dewa United berkompetisi ...