Home > UEFA Nations League > Belanda Imbangi Italia, Frank De Boer Bicarakan Formasinya

Belanda Imbangi Italia, Frank De Boer Bicarakan Formasinya

London – Juru racik timnas Belanda, Frank de Boer, menyebut sengaja mengusung skema 5-3-2 dengan transisi 3-5-2 saat memetik poin perdananya sebagai pelatih skuad Oranje.

Terbaru, Belanda menahan imbang Italia dengan skor 1-1 pada pertandingan keempat Grup A1 UEFA Nations League di Stadion Gewiss, Kamis (15/10) dini hari WIB.

Tertinggal duluan lewat gol Lorenzo Pellegrini pada menit ke-16, Belanda lalu menyamakan sjor sembilan menit berselang lewat Donny van de Beek.

Dalam dua partai perdana era De Boer, Belanda menerapkan skema dengan komposisi empat pemain belakang. Formasi 4-3-3 saat ditundukkan Meksiko 1-0 pada partai uji coba dan 4-2-3-1 saat ditahan imbang Bosnia-Herzegovina 0-0 pada kompetisi yang sama.

“Saya ingin bermain dengan lima pemain di belakang sehingga pemain depan saya tidak harus terus mengejar bek sayap mereka yang maju,” ucap De Boer selepas laga, kepada media Belanda, . . . Gabung . . . NOS TV.

“Pada dasarnya, ini hanya menyoal bagaimana mengamati lawan dengan sangat rasional dan mencari tahu apa yang bisa kami lakukan sebagai antitesisnya. Dalam hal ini, saya harus mengorbankan pemain [depan] seperti Steven [Berghuis, top skor sementara dan musim lalu Eredivisie],” tutur eks pelatih Crystal Palace itu.

“Perasaan saya mengatakan kami harus menerapkannya. Sesi latihan yang kami lakukan untuk mempraktikkan sistem tersebut juga sangat menggembirakan,” tambahnya. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Pelatih Prancis Berharap Pogba Bisa Menemukan Kebahagiaan di MU

Paris – Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, kembali memberikan dukungannya kepada Paul Pogba yang tampil ...