Home > Timnas Indonesia > 5 Pemain Timnas U-19 Indonesia Ini Belum Dilirik Klub

5 Pemain Timnas U-19 Indonesia Ini Belum Dilirik Klub

Setidaknya ada lima pemain timnas U-19 Indonesia yang tengah tidak punya klub. Lalu siapa saja para pemain timnas U-19 Indonesia itu. Timnas U-19 Indonesia sudah mengakhiri pemusatan latihan (TC) selama dua bulan terakhir di Kroasia sejak kedatangan pada 30 Agustus 2020. Dijadwalkan timnas U-19 Indonesia akan bertolak dari Kroasia ke Tanah Air pada Senin (26/10/2020). Selama TC itu, pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, membawa 28 pemain ke Kroasia.

Menjelang berakhirnya TC, Shin Tae-yong memanggil dua pemain keturunan Jerman-Indonesia ke timnas U-19 Indonesia. Total ada 30 pemain yang mengikuti TC di bawah arahan juru taktik asal Korea Selatan itu. Dari nama-nama itu, ada lima pemain yang ternyata belum punya klub. Kelima pemain itu adalah Ahmad Rusadi, Bayu M Fiqri, Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, dan Jack Brown.

Ahmad Rusadi

Saat dibawa Shin Tae-yong ke Kroasia, Ahmad Rusadi berstatus tanpa klub. Walau begitu, pemain asal Samarinda, Kalimantan Timur, itu sangat berpengalaman di tim Merah Putih. Ahmad Rusadi merupakan jebolan pemain timnas U-16 Indonesia era Fakhri Husaini.

Andre Oktaviansyah

Andre Oktaviansyah menjadi nama kedua yang belum punya klub profesional. Walau begitu, ia merupakan pemain yang memperkuat Tira Persikabo di Elite Pro Academy sejak 2018. Selain itu, Si Kobra julukannya menjadi pemain yang merasakan dua kali bergabung bersama Garuda Select.
Sayangnya, bersama Garuda Select pertama Andre Oktaviansyah mengalami cedera panjang. Ia pun kembali lagi ke Garuda Select kedua untuk proses penyembuhan. Saat ini pemain berposisi pemain itu sudah pulih dari cedera tapi belum ada klub profesional yang meminangnya.

Brylian Aldama

Bisa dibilang sangat disayangkan pemain sekelas Brylian Aldama belum mempunyai klub profesional. Terakhir kali ia membela Persebaya Surabaya U-18 dan U-20 . . . . . . di Elite Pro Academy 2019. Setelah itu, ia bergabung bersama Garuda Select jilid kedua. Selama di Inggris, ia sempat menandatangani kontrak bersama perusahaan agen untuk mendapatkan klub dari Eropa. Tapi sampai saat ini tidak jelas klub Eropa mana yang akan meminang pemain berposisi gelandang itu.

Jack Brown

Jack Brown masuk dalam status pemain yang tidak punya klub profesional. Sejatinya, Jack Brown memperkuat klub asal Inggris, Lincoln City U-18, saat bergabung bersama timnas U-19 Indonesia. Tapi usia Jack Brown yang akan menginjak 19 tahun pada 2 November 2020 membuatnya tidak bisa memperkuat Lincoln City U-18.

Walau begitu, ada kabar kalau Jack Brown tidak akan menganggur lama selepas tidak berseragam Lincoln City U-18. Ibu dari Jack Brown, Indah Brown, mengatakan putranya iuut telah dilamar oleh sejumlah tim Eropa, termasuk dari Inggris. Walau begitu, tidak disebutkan klub Eropa mana yang akan menyeleksi pemain keturunan Indonesia-Inggris itu.

Bayu Fiqri

Pemain terakhir yang belum punya klub adalah Bayu Fiqri. Bek kanan asal Banyuwangi, Jawa Timur, itu datang ke timnas U-19 Indonesia dengan status pemain PON Jatim. Terakhir kali Bayu Fiqri memperkuat klub Liga 3, Semeru FC, pada musim 2019. Sejauh ini belum diketahui kemana Bayu Fiqri melangkah ke klub profesionalnya selepas dari timnas U-19 Indonesia.

x

Check Also

PSSI dan Shin Tae-yong Punya Pandangan Berbeda Soal Cara Menegur Pemain Yang Salah

Jakarta – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berkesempatan berdiskusi dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ...